KEEFEKTIFAN GURU KONSELING DALAM MEMINIMALISIR KASUS PERUNDUNGAN DI DUNIA PENDIDIKAN, DEMI TERWUJUDNYA GENERASI SEBAGAI AGENT OF CHANGE

Sugeng Baskoro, Rafah Raihanah, Irvan Ediansyah, Mytha Yuniarti, Bellen Azzahra, Dherlin Nurhidayah, Shandrika Pratama, Qleo Fortuna, Dhia Warastri, Salwa Safitri

Abstract


Bullying merupakan satu kasus yang sering terjadi pada remaja sekolah yang dilakukan atas nama senioritas. Namun kasus ini masih kurang mendapat perhatian karena seringkali dianggap sebagai hal yang biasa terjadi di sekolah. Banyaknya kasus bullying yang terjadi di sekolah ada hubungannya dengan peran kelompok teman sebaya cukup kuat dalam perkembangan kepribadian dan perilaku remaja. Peran guru tentu dibutuhkan dalam hal ini terkhusus guru konseling karena pada dasarnya, guru sebagai orang tua di sekolah sangat berpotensi untuk meminimalisir dan mencegah kasus perundungan di sekolah. Guru BK juga memiliki fungsi dalam memberikan pencegahan.Tujuan ini untuk memperoleh gambaran mengenai perilaku bullying siswa di sekolah dan dampak yang akan terjadi, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya bullying siswa di sekolah.Kami dapat kaji lebih dalam terkait tindak perundungan yang dilakukan remaja pelajar SMP. 


Kata Kunci: perundungan, remaja, pelajar

References


PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU BULLY DI SMA NEGERI 2 BANTAENG. Bitkom Res [Internet]. 2018;63(2):1–3. Available from: http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

A.PENCEGAHAN PERUNDUNGAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR‟AN DISERTASI [Internet]. Vol. 26, Pesquisa Veterinaria Brasileira. 2021. p. 173–80. Available from: http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.