DAMPAK SERIUS AKIBAT PENYEBARAN INFORMASI DAN BERITA BOHONG (HOAX) DARI PARA PELAKU BISNIS INVESTASI ILEGAL DI INDONESIA

Fachmi Tamzil, Fendi Darmawan, Haris Maulana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang dampak serius akibat berita bohong, meningkatkan kesadaran untuk mencegah penyebaran berita dan informasi bohong (hoax), mencegah kembali adanya korban investasi ilegal, menumbuhkan sikap kritis dalam menerima suatu informasi/berita. Penelitian ini dilaksanakan pada Desember 2022 dengan metode penelitian kualitatif dan dilakukan dengan mewawancarai (secara daring) salah satu korban investasi ilegal yang mengalami dampak kerugian yang sangat serius. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa narasumber mengikuti investasi di sebuah koperasi dengan skema deposito. Ada beberapa faktor yang menyebabkan narasumber pada akhirnya memutuskan untuk mengikuti investasi tersebut. Faktor pertama adalah bahwa besarnya nilai return atau keuntungan yang akan didapat menjadi daya tarik yang paling kuat untuk menarik minat para investor. Faktor kedua adalah karena adanya hubungan baik diantara korban dengan marketing investasi tersebut. Faktor yang terakhir yang dirasa paling meyakinkan para investor adalah melihat company profile koperasi tersebut dimana ternyata sudah diakui legalitasnya dan memiliki izin dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Kata kunci : Investasi ilegal,berita bohong,hoax



References


Cokro TV. 2022. Kisah Sedih Anggota Koperasi Sejahtera Bersama. Youtube., siap terbit. [diakses 2023 Jan 3]. https://www.youtube.com/watch?v=QG A7ovpoxdk&ab_channel=COKROTV.

Diskominfo. 2022. Pengertian Hoax dan Cara Menangkalnya . [diakses 2023 Jan 3]. https://diskominfo.badungkab.go.id/arti kel/42985-pengertian-hoax-dan-cara- menangkalnya.

IMAGAMA. 2022. Di Balik Janji Manis

Sang Penimbun Cuan . [diakses 2023

Jan 3]. https://imagama.feb.ugm.ac.id/di-balik- janji-manis-sang-penimbun-cuan/.

KSP Sejahtera Bersama. 2019. Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama. [diakses 2023 Jan 3]. https://kspsb.id/company-profile/#.

Otoritas Jasa Keuangan. 2021a. Metode Penjualan Produk Diduga Ilegal . [diakses 2023 Jan 3]. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEn d/CMS/Article/114.

Otoritas Jasa Keuangan. 2021b. Tips Keuangan. [diakses 2023 Jan 3]. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEn d/CMS/Article/20633.

Winarto Y, Octaviano A. 2022. Kasus Penggelapan KSP Sejahtera Bersama, Bareskrim Tetapkan 2 Tersangka. [diakses 2023 Jan 3]. https://nasional.kontan.co.id/news/kasu

s-penggelapan-ksp-sejahtera-bersama- bareskrim-tetapkan-2-tersangka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.