DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP PERILAKU ANAK DI BAWAH UMUR

Toni Lung, Stefanie Sentana, Yovi Setiawan, Ferian Tandio, Muhammad Ardiansyah, Muhammad Pahlevi, Rafael Praseli, Ni Made Wahyu

Abstract


Perundungan yang terjadi pada anak dibawah umur kerap tidak bisa diatasi dari generasi ke generasi, oleh karena itu hal ini menjadi masalah yang cukup serius untuk menentukan bagaimana prilaku anak yang menjadi korban perundungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan data kasus perundungan pada anak di bawah umur di SMPN 75 Jakarta. Terdapat 10 anak usia 12, 13, 14, dan 15 tahun yang berpatisipasi dalam penelitian ini. Dengan cara mewawancarai dan survei 10 anak,  untuk  mendapatkan  sampel  yang  representatif..  Disekolah  anak  yang biasanya mengalami perundungan secara fisik, verbal dan psikologis maupun sosial media oleh anak lain disekolah, sehingga anak yang mengalaminya cenderung merasakan diremehkan, dibedakan, dan bahkan tidak dianggap, sehingga merubah diri mereka yang dahulu mudah bergaul dan mempunyai banyak teman menjadi sulit bergaul dan berkurangnya kepercayaan terhadap orang lain. Dan sampai pada kondisi dimana  korban berhenti  bercerita  mengenai  perundungan  yang  terjadi padanya dikarenakan orang sekitarnya beranggapan kalau perundugan itu terjadi karena perbuatannya sendiri, bukannya mendapatkan perlindungan atau solusi melainkan mendapatkan tekanan yang lain. Perundungan adalah persoalan serius yang harus kita atasi bersama.


Kata kunci : Perundungan, anak, perilaku



References


Ihsana Sabriani Borualogo, Erlang Gumilang (2019). Kasus perundungan anak di Jawa Barat: temuan awal children’s worlds survey di Indonesia.

Anaway Irianti Mansyur, Aip Badrujaman, Rochimah Imawati, Dini Nur Fadhilah (2019). Konseling online sebagai upaya menangani masalah perundungan di kalangan anak muda.

Aning Az Zahra, Ahmad Liana AmrulHaq (2018). Intensi pelaku perundungan (bullying) : studi fenomenologis pada pelaku perundungan disekolah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.