Tingkat Pengetahuan Mengenai Bullying Pada Siswa Kelas XI SMKN 60 Jakarta
Abstract
Perilaku bullying merupakan satu dari banyak masalah tingkah laku dan disiplin di kalangan murid sekolah dewasa ini. Perilaku bully secara langsung atau tidak langsung merupakan sebagian dari tingkah laku agresifitas. Perilaku bullying berlaku jika terdapat jurang atau ketidakseimbangan kuasa antara pembuli dengan korban. Terdapat beberapa faktor yang mendorong terjadinya perilaku bullying di kalangan murid sekolah yaitu faktor individu, keluarga, teman sebaya, sekolah, media serta Pencegahan bullying di sekolah dapat dilakukan antara lain dengan cara meningkatkan pengawasan dan pemberian sanksi secara tepat kepada pelaku. Cara lain dengan melakukan kampanye melalui berbagai cara, salah satu cara yaitu dengan memasukkan materi bullying ke dalam pembelajaran yang akan berdampak positif bagi pengembangan pribadi para murid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran peran sekolah dalam pencegahan school bullying di SMKN 60 JAKARTA.
Kata kunci : Perilaku Bullying, pencegahan
References
Alwi, Said. (2021). Perilaku Bullying Di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Medan: Pusdikra Mitra Jaya.
Amawidyati, Sukma Adi Galuh., & Muhammad, Amri Hana. (2017). Program Psikoedukasi Bullying Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Guru Dalam Menangani Bullying di Sekolah Dasar. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 258-266. doi: 10.15294/intuisi.v9i3.14117
Coloroso, B. (2007). The Bully, The Bullied and The Bystander. New York: Harper Collins.
Desriani, D., & Devita, Y. (2019). Effect of Health Education On Bullying Knowledge Among Primary School Student. Jurnal Proteksi Kesehatan, 8(2), 28-34. doi: 10.36929/jpk.v8i2.161
Fatmawati, Lili. (2016). Perbedaan Perilaku Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Livina, P., H., Susanti, Y., & Silviani,
M.A. (2018). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pada Remaja Melalui Pendidikan Kesehatan Tentang Dampak Bullying. Jurnal Ners Widya Husada Semarang, 5(3), 113-
doi:
33666/jners.v5i3.340
Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.
Prasetro, Ahmad Baliyo Eko. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. El-Tarbawj : Jurnal Pendidikan Islam, IV(1), 19-26.
Puspita, Y.P., Zaenal, A., & Dian R.S. (2010). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Putri, Hertika Nanda., Nauli, Fathra Annis., Novayelinda, Riri. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(2), 1149-
Yayasan Semai Jiwa Amini (SEJIWA). (2008). Bullying: Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan. Jakarta : Grasindo.
Simbolon, Mangadar. (2012). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa Berasrama. Jurnal Psikologi, 39(2), 233-243. doi:
22146/jpsi.6989
Sitasati. (2017). Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi.
Sulisrudatin, Nunuk. (2015). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara-Fakultas Hukum Universitas Suryadarma, 5(2), 57-70.
Trisnani, Rischa Pramudia., & Wardani, Silvia Yula. (2016). Perilaku Bullying di Sekolah. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1).
Zakiyah, Ela Zain., Humaedi, Sahadi., Santoso, Meilany B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian dan PPM Universitas Padjajaran, 4(2), 324-330.
Refbacks
- There are currently no refbacks.