PENGARUH BULLYING TERHADAP RASA KEPERCAYAAN DIRI SISWA/SISWI SMK AL IHSAN JAKARTA

Putri Nabila, Zaskia Sava, Dina Fitriyani, Helvi Mariska, Fiyallati Maknah, Widya Wati, Dheavita Andrinatya, Suhana Suhana, Briantika Jolie, Zafira Widodo

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dampak bullying terhadap rasa kepercayaan diri siswa/i di SMK Al Ihsan Jakarta.

Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan metode komunikasi efektif dengan studi kasus, karena sesuai dengan tujuan peneliti yang menginginkan hasil perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan yang baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara kepada siswa/i. Observasi dilakukan untuk mengetahui dampak perilaku bullying terhadap rasa kepercayaan diri siswa/i SMK Al Ihsan Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yakni mengumpulkan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Penelitian dilaksanakan pada 08 Desember 2022 di SMK Al Ihsan Jakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying merupakan suatu hal yang mengerikan dan kejam yang dilakukan oleh seorang kepada anak atau sekelompok anak. Bullying dapat terjadi berulang-ulang. Korban bullying akan merasa malu, sakit, dan terancam. Efek dari perilaku bullying sangat mempengaruhi kesehatan mental dan sangat berdampak bagi masa depan korban. Bullying sering terjadi di sekolah dikarenakan siswa/i pola pikirnya belum dewasa dan banyak yang ingin terlihat baik di antara teman-temannya. Kasus bullying ini sering terjadi di sekolah seperti kelas, kantin toilet bahkan di luar sekolah sekalipun.

 

Kata kunci : Bullying , Percaya diri , Sekolah




References


Amalia, N. (2013). Perbedaan Perilaku Bulyying Ditinjau Dari Tipe Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa- Siswi MTsN 2 Kediri.etheses.uin- malang.

Kusumawardhani, P.L. (2015). Atribut Peserta Didik dan Tindakan Bullying pada Saat MOS di SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Repository.uns.ac.

Lee, c. (2004). Mencegah Bullying di Sekolah:Buku Panduan untuk Guru dan Professional Lainnya.Paul Chapman Publishing: London.

Mazzone,A.,& Camodeca, W.E.,. (2015). Bullying dan Pelepasan Moral di Masa Remaja Awal.journal of child and Family Studies.

Muhammad,A. (2020). Hubungan Antara Bullying Verbal dengan Tingkat Kepercayaan Diri Remaja Di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Kota Kampar.Skripsi.

Nurhayati, T. (2016). Perkembangan Perilaku Psikososial Pada Masa Pubertas.

Raisen, A., Viana, M. C., & dos Santos Neto, E.T. (2019). Pengalaman Masa Anak-Anak yang Merugikan dan Mengintimidasi pada Remaja.Child Abuse & Neglect.

Rischa Pramudia Trisnani, S.Y. (2016). Perilaku Bullying di sekolah . G-Counsz:Jurnal Bimbingan Konseling.

Teguh Nugroho, E.C.(2019).Pengaruh Bullying Terhadap Rasa Kepercayaan Diri.Skripsi.

Zulfriadi, T. & Sinta Huri, A. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.Jurnal Riset Tindakan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.