RADIKALISME DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Rendy Rendy, Aditya Alamsyah, Muhamad Fhadlan Kadhapi, Fahdrik Ayub Herlemus, Yerim Senisastra Humairah, Fabiyan Razka Harmantyo, Mohammad Agiel, Kurniawati Anwar, Siti Nuraenia, Amelia Putri Syuratna

Abstract


Radikalisme dalam pendidikan bisa muncul dari guru kepada siswa, dari pimpinan sekolah kepada guru, dan dari masyarakat atau orang tua siswa kepada guru dan sekolah dengan berbagai macam bentuk tindakan intimidasi. Tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia dengan cara yang manusiawi sehingga terwujud tatanan saling menghormati dan menghargai. Idealisme tersebutbelum sepenuhnya berjalan sesuai harapan. Selama ini dilembaga pendidikan masih sering terjadi kekerasan dan intimidasi yang dikenal dengan istilah radikalisme dalam pendidikan.

Kata kunci : radikalisme, menghormati, menghargai, pendidikan


References


Bahrudin, Ahmad, Pendidikan Alternatif Qaryah Thoyyibah, Yogyakarta: LKiS, 2007.

Muchith, M. Saekan, Ilmu Pendidikan Islam, Kudus: STAIN Kudus Press, 2007.

Prihantoro, Agung, Politik Pendidikan kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan, REaD, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Rosdakarya, 1995.

Suparno, Paul, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Syam, Nur, Tangangan Multikulturalisme Indonesia, Yoyakarta: kanisius, 2009.

Turmudzi, Endang dan Riza Sihbudi (ed)., Islam dan Radikalisme Di Indonesia, Jakarta: LIPI Press, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.