GAME ONLINE DALAM KONTEKS INTOLERANSI BANGSA INDONESIA

Jhosua Sinambela, Daniel Marciano Putraku, Reza Aditya Putra, Ghani Efrizal Ravindani, Satyo Zyckra Prayudha, Elvis Alexander Siagian, Jonathan Rey Irawan, Mochammad Ibnu Maliki, Justin Marco, Muhammad Renville Al Gavanny Santoso

Abstract


Game Online dapat menjadi sarana penyebaran intoleransi di Indonesia. Konten game yang mengandung unsur SARA dan interaksi antar pemain yang bersifat diskriminatif dapat memicu adanya sikap intoleransi di kalangan pemain. Upaya pencegahan perlu dilakukan melalui pendidikan, pengawasan, dan kolaborasi.

Kata kunci : Game online, intoleransi, SARA, diskriminatif


References


Bhuiyan, S. (2018). Online gaming and mental health: A systematic review of the literature. Journal of Medical Internet Research, 20(12), e20953.

Przybylski, A. K., Weinstein, N., & Ryan, R. M. (2019). A large-scale study of the psychological effects of playing violent video games. Psychological Science, 30(10), 1462-1473.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.