MEMBANGUN KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PEMELIHARAAN KELESTARIAN ALAM

Riyad Padillah, Muhamad Fikar Prayuda, Ardiva Huli, Jhony Lecsy Luturmas, Latifa Khairani, Adzani Mutiara Sanny, Alliya Auliah

Abstract


Membangun keterlibatan masyarakat dalam pemeliharaan kelestarian alam merupakan langkah penting untuk menjaga lingkungan hidup sehingga tetap terjaga di masa yang mendatang. Penelitian ini menjelaskan seberapa pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pemeliharaan kelestarian alam baik dari beberapa hal kecil yang pada umumnya dilaksanakan dalam keseharian sampai dengan upaya yang lebih kompleks. Penelitian ini juga membahas mengenai pentingnya pemeliharaan lingkungan bagi masyarakat dari rentang usia 15-50 tahun serta dampaknya apabila hal tersebut tidak dilakukan secara berkelanjutan. Adapun jenis pendekatan yang diterapkan pada dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif melalui media google form yang datanya bisa, dihitung, dan dijumlahkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai indikator mengenai keterlibatan masyarakat dalam pemeliharaan kelestarian alam sudah cukup baik, mereka telah mengetahui apa itu Pelestarian alam, upaya yang bisa dilakukan, serta dampak yang terjadi jika kegiatan tersebut tidak dilakukan secara berkelanjutan.

Kata kunci: pelestarian, keterlibatan, pemeliharaan, upaya pelestarian


References


Atkinson, 1987. Pengantar Psikologi jilid I dan II. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Efendi, Johari. 2021. Pembentukan Karakter Anak Sejak Usia Dini di PAUD. Aceh.

Muhammad, Fuad, et al. 2023. Reboisasi Sebagai Upaya Konservasi di KHDTK Dipoforest Hutan Penggaron Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.