MEMAHAMI REALITAS BULLYING DI SEKOLAH

Nikmah Dina Maulia, Mariyani Mariyani, Tarisya Meilina Aulia, Danianto Leander Simbolon, Eddy Kusuma, Arjuna Farsha Zia Raharjo, Muhammad Reynaldi, Ichfa Auliansyah, David Silaen, Tegar Rosi Andrianto

Abstract


Bullying merupakan jenis kekerasan spesifik yang seringkali hadir tanpa disadari dalam suatu relasi sosial. Bullying dapat terjadi dalam berbagai konteks, termasuk di dalam sistem persekolahan. Intensitas bullying di sekolah menunjukkan peningkatan dengan jenis yang semakin beragam, seperti verbal bullying, physical bullying, sexual bullying, emosional bullying, dan cyber bullying. Dalam perspektif sosiologi, tidak ada jawaban tunggal dalam menjelaskan realitas sosial karena sosiologi merupakan ilmu sosial berparadigma ganda. Demikian juga dalam menjelaskan realitas bullying di sekolah. Tulisan ini mencoba mengurai tentang bullying di sekolah dalam multiparadigmatik sosiologi, yaitu paradigma determinisme struktur (makro objektif), determinisme agen (mikro subjektif), dan pemaduan (kontinum) di antara keduanya. Tinjauan tentang bullying di sekolah ini penting dilakukan supaya penjelasannya tidak parsial sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Pilihan teoretik tersebut memiliki implikasi metodologis yang selanjutnya diharapkan bermuara pada ditemukannya solusi yang tepat. Langkah solutif untuk prevensi dan mengatasi bullying perlu dilakukan untuk mengembangkan relasi sosial menjadi lebih harmonis dan humanis.

Kata Kunci: Bullying Di Sekolah


References


Yunita Bulu (2019). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal. Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.