PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP PENDIDIKAN BERKUALIATAS PADA SISWA-SISWI SMP SEJAHTERA BEKASI

Ridol Payung, Joko Widarto, Salsabilah Nadia, Putri Anggraeni, Ananda Putra, Nur Aviantara, Fani Azizah, Angga Mahayasa, Halimah Tunisa, Anisah Aqilah, Qaiser Mawla

Abstract


Bullying atau perundungan merupakan perbuatan yang tidak terpuji karena perbuatan tersebut sangat merugikan orang lain yang menjadi korbannya. Ada banyak bentuk intimidasi yang bisa dilakukan. Secara umum bullying terbagi menjadi dua, bullying fisik dan verbal. Konsekuensi dari perilaku bullying dapat dirasakan dalam jangka pendek atau bahkan dalam jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan kasus bullying di SMP Sejahtera Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Sejahtera Bekasi dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel menggunakan angket yang diberikan langsung kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di SMP Sejahtera Bekasi dapat dikategorikan sedang dengan persentase sebesar 40%, dan pengaruh bullying terhadap pendidikan di SMP Sejahtera Bekasi dengan persentase sebesar 92%.


Kata kunci : Bullying, pengaruh bullying terhadap siswa

References


Haslan, Muhammad Mabrur, Dahlan Dahlan, and Yuliatin “PERILAKU PERUNDUNGAN(BULLYING) DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat).” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 7 (2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.140.

Oktifa, Nita. 2022. “Jenis - Jenis Bullying di Sekolah.” Artikel Online. 2022.https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jenis-jenis-bullying-di-sekolah

Wulandari, Fara, and Affan Yusra. 2022. “Pengaruh Perundungan terhadap Keaktifan Pembelajaran Siswa di SMP N 17 Kota Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.