UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI ROLE MODEL PARA PENDIDIK DI SDN KERONCONG MAS PERMAI (JATIUWUNG KOTA TANGERANG)

Nyimas Hasanah, Ewina Hestiara, Tria Ridayanti, Febriyanti Febriyanti, Aulia Firnanda, Andini Nur, Bunga Sholeha, Juliana Amalia, Ananda Wardani, Vera Pharamita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi atas munculnya peristiwa karakter siswa yang berbeda dengan tujuan untuk membentuk dan menerapkan sikap role model yang dimana para pendidik sebagai panutan yang sangat mempengaruhi terbentuknya karakter siswa SDN KERONCONG MAS PERMAI .  Penelitian ini di fokuskan terhadap upaya para pendidik membentuk karakter siswa melalui sikap role model. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, kuesioner, dan wawancara untuk mendapatkan dan mengumpulkan data informasi yang akurat. Hasil penelitian ini  menunjukan bahwa semua warga SDN KERONCONG MAS PERMAI sudah menerapkan dan memiliki karakter yang sesuia dengan role model. Jadi diketahui bahwa proses pembentukan karakter siswa sangat dipengaruhi oleh  bagaimana para pendidik itu mengajarkan dan mengajak para siswanya untuk berperilaku baik dan disiplin.

Kata kunci : Berisi sekitar 5 kata kunci



References


https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/role-model/amp/

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Njs1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:osvJAmyVIIgJ:scholar.google.com/&ots=UHysw5WEAD&sig=HGRaDl-Sn7YUtt7GJ31ThdGkQIE&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

https://bdkaceh.kemenag.go.id/berita/guru-sebagai-role-model-siswa

https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-role-model-dan-manfaat-memilikinya-bagi-kehidupan-1yRjNcuNVn5

https://www.gramedia.com/literasi/role-model/amp/

https://tanyadigital.com/role-model-adalah/

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jateng/baca-artikel/12701/Role-Model-Leadership.html#:~:text=Ciri%20utama%20seorang%20pemimpin%20sebagai,dan%20memiliki%20ciri%20sebagai%20pelayan

file:///C:/Users/febriyanti/Downloads/3136-12220-4-PB.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.