PANDANGAN GENERASI MUDA TERHADAP PENTINGNYA PENERAPAN SIKAP CINTA TANAH AIR

Satria Anugrah Syahputra, Gusti Rai Darmaputra Giri, Dhafa Prasetyo, Aliya Tussa'ada, Dinda Aulia Syacharani, Safa Aristawidya FY, Oktavia Alkantra, Rio Ardiyah Situmorang

Abstract


Rasa cinta kepada tanah air sangat penting dan harus ditularkan kepada generasi muda tanah air. Ketika masyarakat merasa bangga menjadi anggota tanah air atau bangsanya, maka mereka akan ingin melakukan hal-hal yang dapat membuat dirinya bangga atas nama tanah air atau bangsanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menanamkan pada generasi muda rasa cinta terhadap tanah air. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan membuat kuesioner terbuka dan tertutup. Kecintaan terhadap tanah air bukanlah sesuatu yang bisa dihafal, melainkan harus diperoleh melalui berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja, melatih rasa cinta tanah air juga dapat memberikan manfaat bagi generasi muda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum, generasi muda saat ini telah peka terhadap pentingnya penerapan sikap cinta tanah air, dapat dilihat dari perolehan rata-rata yaitu sebesar 82%. Generasi muda juga telah mengetahui dengan baik apa saja hal-hal atau sikap-sikap yang harus dan dapat dilakukan sebagai bentuk sikap cinta tanah air.

Kata kunci : Generasi Muda, Sikap, Cinta Tanah Air


References


Erni, M. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dan Rasa Cinta Tanah Air pada Remaja di Perbatasan IndonesiaMalaysia. Psikoborneo, 4(4), 856–894.

Ismawati, Y. T., & Suyanto, T. (2015). Peran Guru PKN dalam Membentuk

Sikap Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 833.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Rajawali Pers.

Muttaqin, A. (2018). Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Kesenian

Gajah-gajahan di Desa Wilangan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Rusyan, A. T. (2013). Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Gilang Saputra Perkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.