PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK DALAM NEGERI

Faizah Jasmine Wildani, Feby Valentina, Zahra Nurul Wahidah, Geneva Esthesania Pioh, Zhafirah Wati Ubaint, Nazareta Saragi, Riyanatul Jannah, Aulia Krani Putri, Aida Salsabila Oryza Zahrani

Abstract


Pendidikan karakter cinta tanah air harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Penanaman rasa cinta tanah air dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan memakai dan memperkenalkan produk dalam negeri. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar rasa cinta tanah air yang tertanam di masyarakat dan apa yang menjadi alasan masyarakat Indonesia menyukai produk dalam dan luar negeri. Teknik penelitian dilakukan dengan kualitatif studi literatur. Memakai produk dalam negeri merupakan salah satu pendidikan karakter cinta tanah air. Tidak bisa dipungkiri bahwa produk lokal tengah bersaing dengan produk luar negeri, banyak masyarakat Indonesia bangga memakai produk luar karena kualitas dan kemasan produk yang menarik, serta harga yang lebih terjangkau. Namun, kualitas pada produk domestik tidak kalah bagus dengan produk impor, bahkan dengan memakai produk lokal itu akan berdampak terhadap seluruh lapisan masyarakat. Diperoleh kesimpulan bahwa, memakai dan mencintai produk lokal merupakan wujud cinta kita kepada tanah air. Kecintaan kita terhadap tanah air yang akan membantu Indonesia maju dan menaikan derajat negara Indonesia.

Kata kunci: Pendidikan karakter; cinta tanah air; produk dalam negeri


References


Achmad, M. A. (2014, Mei 10). Mengapa produk luar lebih disukai daripada produk dalam negeri. UMM News.

Andriyanty, R., & Dewi, D. U. (2021). Faktor-faktor sosial yang mempengaruhi gaya hidup cinta produk dalam negeri generasi muda Indonesia. Sosio Informa, 7(1). https://doi.org/10.33007/inf.v7i1.2626

Arnaiz, T. (2022, September 5). Dampak apa saja yang akan terjadi jika kita mencintai produk buatan dalam negeri? Bobo.id. https://bobo.grid.id/read/083462254/dampak-apasaja-yang-akan-terjadi-jika-kita-mencintai-produk-buatan-dalam-negeri#google_vignette

Atika, N., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/17467/10490

Dalimunthe, R. A. A. (2015). Strategi dan implementasi pelaksanaan pendidikan karakter di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8616/7108

Deny, S. (2018, Februari 2). 93 Persen barang di situs online adalah produk impor. Liputan6. https://www.liputan6.com/amp/3251371/kadin-93-persen-barang-di-situs-online-adalahproduk-impor

Dharmawan, N. S. (2014). Implementasi pendidikan karakter bangsa pada mahasiswa di perguruan tinggi. https://kedokteranhewan.unud.ac.id/protected/storage/uploads/wp/2014/09/PnddknKarakter-Bngs-NS-Dharmawan-2014.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.