HEMAT ENERGI DAN PENGELOLAAN SAMPAH (Sebuah Kajian: Kontribusi Kecil, Manfaat Besar untuk Lingkungan Masyarakat)

Shakila Putri Andini, Zaky Mulia Hafizh, Abdul Aziz, Gaung Persada, Alif Fathur Rohman, Muhammad Satya Raga Alfarisi, Rizky Arya Reza, Sumber Puspika Sari, Davina Alysa Mardayanti, Anggie Herlina Putri

Abstract


Penelitian ini berfokus pada kiat hemat energi dan pengelolaan sampah sebagai langkah kontribusi kecil dengan manfaat besar untuk lingkungan di tingkat nasional. Dengan menerapkan strategi efektif dalam penghematan energi dan pengelolaan sampah, penelitian ini menyoroti potensi untuk mencapai efisiensi sumber daya dan mengurangi dampak negatif di tingkat nasional. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi aktif dari masyarakat, sektor industri, dan pemerintah dapat membentuk fondasi untuk praktik berkelanjutan, mendukung tujuan keberlanjutan di tingkat nasional.

Kata Kunci: Pengelolaan Sampah, Penghematan Energi, Kiat Hemat Energi


References


Gurici, I. (2016). Perencanaan pengelolaan sampah dengan Pendekatan partisipatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mujahidah, A. N. (2022). Analisis Perilaku Konsumtif dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di SMK Negeri 8 Makassar).

Prasetyo, E., Syahtaria, I., & Supriyadi, I. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumtif, Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Konservasi Energi Listrik Di Sektor Rumah Tangga Dalam Rangka Mendukung Ketahanan Energi (Studi Di Kota Bogor). Ketahanan Energi, 6(1).

Madonna, S. (2014). Efisiensi Energi Melalui Penghematan Penggunaan Air (Studi Kasus: Institusi Pendidikan Tinggi Universitas Bakrie). Jurnal Teknik Sipil, 12(4).

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). Kesadaran dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa di kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260-275.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.