PENINGKATAN KELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENGHADAPI PENCEMARAN UDARA DI JAKARTA BARAT

Fahman Lingga Syahputra, Dewi Purnama, Muhamad Nurtantyo, Nanda Azzahra Febrianti, Cerelia Seville Chiang, Kukuh Haritsyah, Risma Dwiyanti, Putri Wulandari

Abstract


Setiap saat, pencemaran udara diabaikan seolah - olah tidak berdampak pada lingkungan. Perkembangan zaman yang sangat pesat telah mengakibatkan peningkatan yang signifikan dalam kegiatan transportasi dan industri yang menyebabkan pencemaran udara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan langkah yang dilakukan dalam mengatasi pencemaran udara. Tempat pelaksanaan penelitian ini di kawasan Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi yang mengamati peran masyarakat mengurangi pencemaran udara, wawancara secara tatap muka dan tatap maya melalui telpon, kuesioner yang bertanya tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, dokumentasi dengan mengunduh data dari internet yang relevan sebagai bahan acuan dan referensi penulis. Hasil dari penelitian ini yaitu kualitas udara di Jakarta Barat tidak sehat. Salah satu dampak dari pencemaran udara dapat menginfeksi saluran pernapasan manusia. Peran masyarakat dan pemerintah sangat penting untuk mengurangi pencemaran udara yaitu dengan membuat ruang terbuka hijau, menanam pohon, dan menggunakan transportasi umum saat berpergian.

Kata kunci: Kelestarian lingkungan, pencemaran udara, masyarakat


References


Brauers, H., & Oei, P. Y. (2020). The political economy of coal in Poland: Drivers and barriers for a shift away from fossil fuels. Energy Policy, 144.

Cahya Dicky Pratama. (2020, October). Pelestarian Lingkungan Hidup:

Definisi dan Tujuan. 28.

Dr. Lestari Moerdijat S.S, M. M. (2023). Dibutuhkan Kolaborasi Seluruh Pihak Tanggulangi Masalah Pencemaran Udara.

Eqqi Syahputra. (2023, September). Polusi Jakarta dan Emisi Kendaraan Bermotor, Segenting Apa? 27.

Ferdy Hasiman. (2023, September). Mencermati Polusi Udara Jakarta. 21.

Galih Pradipta. (2023). Kurangi Polusi Udara, Saatnya Beralih ke Kendaraan Listrik.

Ismiyati. (2014). Pencemaran Udara Akibat Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Manajemen Transportasi Dan Logistik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.