PENGEMBANGAN CINTA TANAH AIR DI KEHIDUPAN MASYARAKAT MELALUI PELESTARIAN BUDAYA INDONESIA

Meriana Meriana, Victoria Victoria, Mariska Santoso, Dedy Puji Suhendar, Darma Wijaya, Muhammad Fakhri Mauluddin, Roni Prastyo, Fyvca Merlyand, Jovan Putra Wijaya, Agus Purwoko Pujiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengatasi permasalahan kurangnya sikap cinta tanah air di masyarakat Indonesia melalui pelestarian budaya. Dengan latar belakang kekayaan budaya Indonesia yang unik, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya sikap cinta tanah air, seperti globalisasi, modernisasi, dan kurangnya pemahaman akan warisan budaya. Penelitian ini menganalisis berbagai kegiatan budaya yang dapat membentuk satu kesatuan untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan kepada tanah air sehingga nantinya menimbulkan rasa cinta tanah air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan data yang diperlukan. Studi literatur juga dilakukan untuk memperoleh dasar teori yang kuat dalam mengembangkan pemahaman mengenai pelestarian budaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan kepada pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga budaya dan masyarakat umum mengenai upaya konkrit dalam meningkatkan sikap cinta tanah air melalui pelestarian budaya Indonesia.

Kata kunci: Cinta tanah air, Pelestarian, Budaya.


References


Sultan Hamengku Buwono X, 2007, Merajut Kembali ke Indonesia Kita Koendjaraningrat, 2015, Pengantar Ilmu Antropologi, Sejarah Teori Antropologi, Jakarta, Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya

Lewis, M. 1983. “Conservation: A Regional Point of View” dalam M. Bourke, M. Miles dan B. Saini. Protecting the Past for the Future. Canberra: Australian Government Publishing Service.

Smith, L. 1996. “Significance Concepts in Australian Management Archaeology” dalam L. Smith dan A. Clarke. Issue in Management Archaeology, Tempus, Vol 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.