PERAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM TINGKAT INTOLERANSI PADA MAHASISWA

Karunia Nurhayati, Paul Stefanus Kaharuba, Melvina Dharmaputri Ojong, Susanto Susanto, Marselinus Manalu, Faisal Qolbi Azhari Mahyuddin, Nabila Khalisa Sirat, Erfranco Hafis Ali, Alyannissa Shiva Sabina, Karen Papilaja

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi peran pola asuh orangtua dalam membentuk tingkat intoleransi pada mahasiswa. Pola asuh, baik demokratis maupun otoriter, memiliki dampak signifikan terhadap sikap toleransi atau intoleransi mahasiswa. Hasil wawancara dengan mahasiswa mengungkapkan bahwa lingkungan keluarga demokratis cenderung menciptakan sikap yang terbuka terhadap perbedaan, sementara pola asuh otoriter dapat terkait dengan tingkat intoleransi yang lebih tinggi. Pengalaman pribadi dan refleksi mahasiswa menyoroti kompleksitas hubungan antara pola asuh dan pembentukan karakter. Saran yang diajukan mencakup pendidikan orangtua, penciptaan lingkungan kampus inklusif, pengembangan keterampilan empati, manajemen media sosial yang positif, dan penguatan program bimbingan dan konseling. Diharapkan langkah-langkah ini dapat mengurangi tingkat intoleransi di kalangan mahasiswa dan menciptakan lingkungan kampus yang harmonis dan inklusif.

Kata kunci: pola asuh, intoleransi, mahasiswa


References


Musslifah, A. R., Retno Cahyani, R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B (2021). PERAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK. Jurnal Talenta Psikologi, 16(2).

Safitri, R. N. (2020). Pengaruh Nilai Toleransi Keluarga dan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Karakter Toleransi Anak. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3).

Salsabila, N. S., Fadilah, E. N., & Naqiyah, N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Toleransi Beragama Siswa SMK. IJGC, 12(1).

https://doi.org/10.15294/ijgc.v12i1.57004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.