DAMPAK, TANTANGAN, DAN STRATEGI PENANGGULANGAN KORUPSI DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Muhamad Qautsar Riziq, Dimas Arya Purwandeka, Muhammad Nevansya Fitranov Baso, Akhmad Fadillah Rabbani, Fariz Khasyyatullah Budiman, Muhammad Rafi Rafata, Ramadhan Siddiq, Reza Adi Wijaya, Muhammad Arju Dwinov, Bagas Setiawan

Abstract


Korupsi di lingkungan pendidikan telah menjadi isu yang semakin meresahkan di banyak negara. Dampak korupsi ini amat merugikan, terutama dalam hal akses dan kualitas pendidikan. Tulisan ini membahas tantangan utama yang dihadapi dalam memerangi korupsi di lingkungan pendidikan dan mengusulkan strategi penanggulangan yang efektif. Melalui analisis mendalam, kami menyoroti konsekuensi negatif korupsi terhadap proses pendidikan, akuntabilitas sistem pendidikan, dan citra lembaga pendidikan.

Kata kunci : Korupsi; Lingkungan; Pendidikan; Dampak; Tantangan; Strategi


References


Prasetyo, D., Muharam, R. S., & Sembada, A. D. (2021). Integrasi Pendidikan Antikorupsi Dalam PendidikannKewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Citizenship: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 58–69.

Rahmah Muthia, 2018. (2018). KORUPSI DI INDONESIA (Penyebab, Bahaya, Hambatan dan Upaya Pemberantasan, Serta Regulasi). Jurnal Fakultas Hukum Universitas Pancasila, 1–26.

Sari E. (2019). Family Planning Perspective on Ulama Hadith. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 6(1), 55–70. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/s alam

Tawaf, & Khaidir, A.(2012). Kebutuhan Informasi Manusia: Sebuah Pendekatan Kepustakaan. Kutub khanah: jurnal studi sosial keagamaan, 15(1), 1–59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.