MENGEMBANGKAN KEBUDAYAAN LOKAL DI ERA MODERN

Muhammad Nikel Alfathir, Syiradz Syarief Mufrad, Muhamad Rifky Ramadhanu, Ismail Ismail, Diva Salsabila, Azman Ubaydillah, Brian Filbert Valerian, Salma Noora Zeba, Wulan Angelika, Nafees Ihya Ilminna

Abstract


Penelitian ini berfokus pada upaya mengembangkan kebudayaan lokal di era modern. Dalam konteks globalisasi dan dinamika perubahan masyarakat, penting untuk memahami bagaimana kebudayaan lokal dapat berkembang secara berkelanjutan. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan pendekatan kepustakaan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mendukung atau menghambat pengembangan kebudayaan lokal di era modern. Tinjauan literatur yang mendalam dilakukan untuk memahami berbagai pendekatan dan strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan keberlanjutan dan relevansi kebudayaan lokal. Hasil penelitian diharapkan memberikan panduan praktis untuk pengembangan kebudayaan lokal di tengah arus globalisasi dan modernisasi yang terus berkembang. Penelitian ini menawarkan wawasan yang bernilai bagi para pemangku kebijakan, masyarakat, dan peneliti yang tertarik dalam mempertahankan dan mengembangkan kekayaan budaya lokal di tengah perubahan zaman.

Kata kunci : Globalisasi, Pendidikan, Teknologi, Pendidikan Karakter


References


Indriana, W. (n.d.). KEMEROSOTAN NILAI MORAL YANG TERJADI PADA GENERASI MUDA DI ERA MODERN. 7823–7830.

Kurniawan. (2019). “Faktor-Faktor yang Menyebabkan Perubahan Adat Istiadat ‘Ngocek Bawang’ di Kelurahan Indralaya Mulya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 6(1).

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan KebudayaanMissio, 10(1), 1–136.

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Tahun, 24(031), 302–308.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.