ANALISA PENYEBAB 3 DOSA BESAR PERGURUAN TINGGI DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL BEKASI

Najwah Sabrina, Almi Agustina, Adelia Rafa Farzana, Vico Andrean Liu, Paskalis Dwi Widyantara Usat, Fadly Fadilla Ilham, Muhammad Hafizh Rahman Hakim, Samuel Henry Kristanto, Ardi Ardi, Muhammad Athallah Izma

Abstract


Perguruan tinggi merupakan sarana bagi para mahasiswa/i untuk memajukan keunggulan seseorang yang dapat berinteraksi dan bermartabat. Namun, di lingkungan perguruan tinggi, terdapat banyak hal yang menjadi tantangan, seperti kasus-kasus Kekerasan Seksual, Intoleransi, serta Perundungan (Bullying). Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, berbicara bahwa di Indonesia dunia pendidikan di era ini sedang menghadapi rintangan luar biasa dengan adanya “tiga dosa besar”. Tiga dosa besar itu berbentuk Intoleransi, Kekerasan Seksual, dan Perundungan (Bullying). Oleh karena itu, diperlukan pemahaman tentang tiga dosa besar ini untuk mencegah atau mengurangi kejadian-kejadian yang merugikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penyebab, dampak, dan solusi dari tiga dosa besar perguruan tinggi dengan menggunakan metode deskriptif analitis.

Kata Kunci : 3 Dosa Besar, Pendidikan, Perguruan Tinggi, Intoleransi, Kekerasan, Perundungan


References


Merdeka DotCom, (2021, September 23). Nadiem Bongkar 3 Dosa Pendidikan RI: Intoleransi, Bullying dan Kekerasan [Video]. YouTube.

https://youtu.be/9KM9H-xKp-8?si=D-j7EfrWSIvpc2_.

Sri Marwiyati, (2020), Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan, Salatiga. [Artikel Online]. Diakses dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/7190/pdf.

Tiara Renata. Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menangani Intoleransi Di Indonesia, IIK STRADA INDONESIA Kediri Jawa Timur, [Artikel Online]. Diakses dari

https://osf.io/wbhyr/download/?format=pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.