DAMPAK DARI INTOLERANSI DAN BULLYING DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP MAHASISWA: STUDI LITERASI

Diandra Adilla Virginanta, Khairunnisa Widiyastuti, Firyal Nailah Alifah, Eva Ayuk Diana, Prakash Fahrul Fahrozy, Adzkia Novalita Syahira, Ratu Abelard, Daffa Ahmad Magala, Alfath Zenobia Suwondo, Febryani Febryani

Abstract


Kata Bullying dan tindakan intoleransi sering kita jumpai di dalam kehidupan sehari kita baik di lingkungan masyarakat maupun dilingkungan pendidikan khususnya dalam lingkungan perguruan tinggi. Sikap intoleransi merupakan sikap dimana seseorang memiliki rasa abai dan tidak peduli terhadap sesama, tidak manusiawi, merendahkan orang serta tidak menghargai orang lain. Bullying adalah tindakan yang dilakukan oleh kelompok dengan individu maupun individu dengan individu untuk menyakiti,merendahkan, atau mengintimidasi seseorang secara berulang-ulang, baik fisik, verbal maupun Bullying di dunia maya. Karna hal ini dapat menimbulkan konflik kelompok antar kelompok,dan individu. Pada artikel ini akan dijelaskan dampak dari terjadinya Intoleransi dan Bullying yang terjadi di kalangan mahasiswa dengan tujuan agar para mahasiswa mampu untuk menangani pencegahan terhadap perilaku tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan adalah probability sampling. dalam metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode angket. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 8 mahasiswa untuk menjawab kuesioner yang terdiri dari 10 pertanyaan essay. Responden tersebut berasal dari Univesitas dan jurusan yang berbeda di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara tindakan bullying dan intoleransi, ungkapan para mahasiswa memberikan pernyataan bahwa terjadinya perilaku ini karena munculnya perilaku ketidakpuasan dengan tindakan intoleransi, yang memicu terjadinya perilaku bullying.

Kata kunci: Bullying, intoleransi, dampak negatif, mahasiswa, lingkungan perguruan tinggi


References


Etikasari, N. W., & Listyaningsih. (2018). Persepsi mahasiswa program studi S1 Ppkn Universitas Negeri Surabaya terhadap wacana intoleransi di media

sosial. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 6 (1),61–75.

Hapsari, D. D. (2016). Perilaku bullying pada mahasiswa fakultas bahasa dan seni (FBS) di Universitas Negeri Surabaya, 6 (3).

Hanani, S., & Nelmaya, N. (2020). Penguatan Moderasi Beragama untuk Mengatasi Intolerasi di Kalangan Intelektual Kampus. Kontekstualita, 35 (2), 91–102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.