KEPEDULIAN MASYARAKAT SEKOLAH DASAR TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN MENCIPTAKAN ECOBRICK

Nia Ismatul Hawa, Erikha Riyanti Silvi Yanah, Alfinatul Hidayah, Shellin Carolin, Clara Intania Annisa, Melani Putri, Febriyani Aulia Putri, Natasya Nirmalasari, Muhammad Bintang Wicaksana, Aufaa Mutashim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepedulian masyarakat sekolah dasar terhadap lingkungam dengan menciptakan ecobrick serta guna mencari solusi yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dasar agar berkurangnya sampah pada lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik penuluhan, observasi serta dokumentasi di mana penelitian ini akan memberikan pertanyaan kepada responden terkait dengan topik penelitian kemudian penelitian ini akan mengamati dan mendokumentasikan kegiatan responden. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tiga orang responden yang bersekolah di sekolah dasar negeri kaliabang tengah 03. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurangny akesadaran pihak sekolah dan siswa-siswi terhadap lingkungan dan kesehatan.

Kata kunci : Dampak ; ecobrick ; solusi


References


Suminto, Sekartaji. 2017. Ecobrick: solusi cerdas dan kreatif untuk mengatasi sampah plastik. Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk). Vol 3 No 1 Edisi Januari-Juni 2017.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 18 Tahun 2008 Tentang Pengolahan Sampah.

Apriyani, Mahadewi M.P & Samuel Y.W. 2020. Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Ecobrick


Refbacks

  • There are currently no refbacks.