PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENCEGAH BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Afan Dwi Darwanto, Disya Raihana Giriartono Putri, Nahira Azuhra Belva, Nur Hidayatul Aini, Intan Arindi Savila, Fierka Chandeni, Laila Fadhila, Mely Mary Ann Sahetapy, Fitri Amelia Marasabessy, Ivana Oktavina Sitepu

Abstract


Bullying merupakan tindakan penindasan yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah. Menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat (1), pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Setiap agama mengajarkan untuk saling mengasihi. Hal ini dikuatkan dengan Pancasila sila ke- 2 yang bertentangan dengan bullying. Siswa yang seharusnya menggali ilmu di sekolah dengan suasana belajar yang nyaman dan tentram, tetapi mereka malah merundung siswa lain dan menghancurkan keinginan belajar korban. Guru sebagai pendidik harus mengambil langkah yang pasti agar dapat mencegah terjadinya bullying di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi guru dalam pencegahan bullying di lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan penelitian satu orang guru BK di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peran komunikasi guru dalam mencegah bullying di lingkungan sekolah khususnya di SMA Islam PB Soedirman 2 Bekasi adalah dengan memberikan pendidikan dan pemahaman tentang pengertian perilaku perundungan dan dampak negatif yang disebabkan dari perilaku bullying, memberi edukasi melalui tugas yang diberi kepada siswa dan juga melalui poster stop bullying yang terpampang pada mading sekolah.

Kata kunci : Peran komunikasi guru, pencegahan bullying, lingkungan sekolah


References


Aini. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah.

Kirom, A. (2017). “Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural.” Jurnal Pendidikan Agama islam.

Munawir, Salsabila, Z. P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.