STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENCEGAH BULLYING SEJAK DINI

Alissa Eka Nadhifa, Nazma Shazia Ezzedine, Martasya Tri Meilani, Dinda Tiara Aisyah, Ni Luh Seli Permata Sari, Nova Ester Anryani, Aishafa Wahyu Fadhila, Diva Oktavia, Lubnaa Rahmah Zainuddin, Nia Syahidah Qurrotuain

Abstract


Kasus bullying di Indonesia banyak sekali terjadi khususnya melibatkan anak sekolah. Hal tersebut menghambat proses belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian, dampak, dan strategi pencegahan bullying sejak dini. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai strategi untuk mencegah bullying, dan cara pencegahan bullying sejak dini. Harapan dari penelitian ini dapat diketahui cara meminimalisir angka bullying dengan cara sosialisasi pengenalan pengertian dampak bullying dan dampak, serta cara pencegahan bullying dengan melibatkan orang tua, teman sebaya, pendidik, dan warga sekolah. Kesimpulannya pendidikan tentang bullying sejak dini menjadi kunci untuk mencegahnya. Diharapkan bahwa dengan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku ini, dapat diciptakan lingkungan pendidikan yang lebih aman dan mendukung bagi semuaanak.

Kata kunci: Strategi, mencegah, bullying


References


Dewi, Rr Vemmi Kesuma. (2022). Pendidikan Ramah Anak. Cipta Media Nusantara.

Naiborhu, M., & Manullang, M. (2022). Upaya Guru PKN dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Swasta Immanuel Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan. Jurnal Darma Agung, 30(1), 384-414.

Rismayanti, M. A. (2022). Pengaruh Tindskan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah.

Sulisrudatin, N. (2018). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.