PERAN MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL MENJADI AGEN PERUBAHAN DALAM MENJAGA LINGKUNGAN WASPADA BANJIR KOTA JAKARTA

Alika Septiyani, Ananda Putri Anggreni, Natasya Amalia, Kristina Parlin, Afifa Zahwa Azzahra, Salwa Nadhifah Ahmad, Syalsha Aisya Fasha, Nayla Putri Damayanti, Mia Rahmaningtyas, Puput Suhartini, Ambar Ananda

Abstract


Banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia khususnya kota Jakarta. Faktor – faktor seperti kurang menjaga lingkungan, membuang sampah sembarangan, intensitas curah hujan yang sangat deras, dan kurangnya fasilitas untuk mnangani masalah banjir yang dapat terjadi banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melaporkan ada 69 wilayah rukun tetangga (RT) di Ibu Kota yang tergenang banjir sampai Kamis siang (30/11/2023). Jumlah RT yang kebanjiran itu mencapai 0,22% dari total 30.772 RT di DKI Jakarta, wilayah yang paling banyak terjadi berada di Jakarta Utara dan Jakarta Timur.(Cindy Mutia Annur, 2023) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sebagai mahasiswa Universitas Esa Unggul menjadi agen perubahan dalam menjaga lingkungan waspada banjir kota Jakarta. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara yang telah dilakukan terhadap 20 mahasiswa dari berbagai jurusan dan diskusi kelompok. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan 10 pertanyaan dengan topik tanggapan mahasiswa tentang banjir di jakarta dan bagaimana solusinya kepada 20 responden, kemudian peneliti meringkas semua jawaban yang diberikan oleh seluruh responden. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bahwa pemerintah masih perlu melakukan perbaikan untuk infrastruktur, fasilitas, dan bagaimana caranya indonesia mempunyai cara agar sampah - sampah dapat terurai dengan baik dan bisa di daur ulang. Partisipasi mahasiswa memberikan harapan untuk perubahan positif melalui edukasi dan peran aktif dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap banjir. Diperlukan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan sebagai kunci untuk mencapai solusi yang lebih baik dan berkelanjutan dalam menghadapi bencana banjir.

Kata Kunci : Banjir, Peran Mahasiswa, Perubahan Menjaga Lingkungan


References


Ismail, M. J. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN

MENJAGA KEBERSIHAN DI SEKOLAH. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–60. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Sriagusti, I., & Nurajizah, N. (n.d.). EDUKASI PENGOLAHAN SAMPAH RUMAH TANGGA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN.

https://doi.org/https://doi.org/10.38165/jirah.v1i1.286

Sugiarto, A., & Gabriella, D. A. (2020). KESADARAN DAN PERILAKU RAMAH LINGKUNGAN MAHASISWA DI KAMPUS. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2), 260. https://doi.org/10.23887/jishundiksha.v9i2.21061


Refbacks

  • There are currently no refbacks.