PROBLEMATIKA SAMPAH PADA MASYARAKAT SEKITARAN TPST BANTAR GEBANG

Meutia Ananda Syafitri Yamin, Cynthia Puspita Angelie, Aisyah Nur Salsabila, Alviatun Hasanah, Chelsea Jehovia Shallom, Natalia Putri Sekar Hapsari, Dinda Aulia Azzahra, Niki Ayu Lestari, Siti Nur Aisyah, Zelika Ambarwati, Dhiya Amira Fairus

Abstract


Kondisi pengelolaan sampah TPST Bantar Gebang sangat mencemaskan, dimana kapasistas daya tampung sampah terus menyusut hingga tersisa 10 juta ton dari kapasitas maksimum 49 juta ton yang disediakan. Keberadaan TPST Bantar Gebang masih dinilai tetap menimbulkan dampak sosial bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatanhambatan yang dirasakan oleh warga sekitar TPST Bantar Gebang. Selain itu, penelitian ini juga sangat penting untuk dilakukan karena sampah ini merupakan salah satu isu lingkungan yang serius dan berdampak pada kesehatan, ekonomi, serta sosial masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengobservasi langsung bagaimana keadaan di sekitar Bantar Gebang. Melalui penelitian ini dapat ditemukan beberapa hasil yaitu, pencemaran air, hal ini dapat merusak ekosistem dan memengaruhi kebersihan dan kehigienisan fasilitas warga sekitar. Selain itu, pencemaran udara seperti bau tidak sedap yang sangat mengganggu. Tidak hanya bagi warga sekitar, tetapi juga lingkungan yang berjarak hingga 10 km dari TPST Bantar Gebang. Dapat diambil kesimpulan bahwa problematika ini perlunya mencari alternatif terbaik dalam penanganan masalah pengelolaan sampah. Inisiatif ini difokuskan pada melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengelolaan sampah. Peningkatan kesadaran dan edukasi publik serta pembentukan kebijakan yang mendukung partisipasi masyarakat dapat menjadi langkah-langkah strategis untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam mengelola sampah di Indonesia.

Kata Kunci : Masyarakat, sampah, TPST Bantar Gebang


References


Suharjo. 2017. “Kondisi Pengelolaan Sampah Dan Pengaruh Terhadap Kesehatan.” Jurnal Media Litbang Kesehatan 2(4):2–37.

Sukwika, Tatan. 2021. “Penentuan Faktor Kunci Untuk Pengembangan Pengelolaan TPST-Bantargebang Berkelanjutan: Pendekatan MICMAC.” Tataloka 23(4):524–35. doi: 10.14710/tataloka.23.4.524-535.

Sukwika, Tatan, and Linda Noviana. 2020. “Status Keberlanjutan Pengelolaan Sampah Terpadu Di TPST-Bantargebang, Bekasi: Menggunakan Rapfish Dengan R Statistik.” Jurnal Ilmu Lingkungan 18(1):107–18. doi: 10.14710/jil.18.1.107-118.

Tutiek Apriyanti. 2022. “Analisa Etika Lingkungan Terhadap Gunung Sampah.” Http://Journal.Risethukum.Com/Index.Ph


Refbacks

  • There are currently no refbacks.