HINDARI BULLYING: MENUJU GENERASI YANG BERBUDAYA

Dewi Wulan Cahyaningrum, Zalfa Khairunnisa, Angelia Putri Muttoliah, Nilofar Zhafira Hanifa, Justicia Medialis Akse, Nadia Susyana Ramadini, Nirmala Nirmala, Kayla Aulia, Nadya Bella Ariska, Giska Amelia Putri

Abstract


Penelitian yang bertajuk Hindari Penindasan: Menuju Generasi Berbudaya ini mengamati penindasan di sekolah. Penindasan dan pelecehan adalah dua jenis kekerasan yang menyasar anak di bawah umur. Penindasan adalah perilaku kekerasan yang dapat menyebabkan kerugian verbal, fisik, atau psikologis pada seseorang atau sekelompok orang. Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk memahami pengalaman seorang siswa SMA 1 Barunawati yang pernah mengalami perundungan untuk membantunya mendapatkan kembali kepercayaan diri dan keterampilan sosialnya serta melanjutkan perannya sebagai siswa biasa. Siswa SMA 1 Barunawati mengumpulkan informasi dalam satu ruangan dan mengisi kuesioner beranotasi yang mereka buat dengan menggunakan pendekatan kuesioner pengumpulan sampel dari 100 responden.

Kata Kunci : bullying, bullying fisik, bullying verbal, lingkungan


References


Salsabila, Nadya. (2021). Makalah Bullying. Lampung: Universitas Lampung.

Fitriana dan Fiki Nurnaila (2017) menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi pada tindakan pelecehan. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Prasetyo, Satria Yoga Eka. (2021). Bullying Makalah. Jawa Timur: SMA Negeri 5 Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.