SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA TERHADAP BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nony Alista Praharjanti Suseno, Salsa Bila Shifa Anisa, Maura Riani Agnesia, Kallista Vania Agustin, Allia Nurjanah, Erni Efendi, Nur Azka Saefudin, Dini Qothrunnadia, Cindy Silviana, Azaria Kirana Astiningtyas T. P.

Abstract


Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya pada dasarnya termasuk dalam kejahatan transnasional. Kejahatan transnasional merupakan suatu tipe kegiatan yang terencana, teroganisir, dan memerlukan persiapan yang matang. Hingga saat ini penyebaran narkotika sudah hamper seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapatkan narkotika dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Adapun terjadinya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya di Asia Tenggara memunculkan ancaman tersednriri yang berdampak pada sekuritisasi atau keamanan sebuah negara.

Kata Kunci : Penyalahgunaan Narkotika, Asia Tenggara, Obat-obatan Berbahaya


References


Ahmad Darwis, et. All. Narkoba, Bahaya dan Cara Mengantisipasinya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 Mei 2017 dalam

http://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPKMA/article/view/14 diakses

tanggal 07 Januari 2019.

Ahmad Santoso, Program Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Kras Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Jurnal Pendidikan Islam Vol.8 No.1 Mei 2018.

Alfon Pusungulaa, Pola Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Di Kelurahan Beo Talaud, e-journal”Acta Diurna” Vol. 4 No. 5 Tahun 2015 dalam https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/9898

diakses tanggal 17 juni 2019.

Anas Salahudin. 2012. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Andriani Wahyuni, Pengaruh Pola Asuh Otoriter, Demokrasi dan Permisif Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di SMA Laboratorium UM, Jurnal Bimbingan dan Konseling dan Psikologi Tahun 2018 dalam http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/BK-Psikologi/article/view/71519 diakses tanggal 17 juni 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.