DAMPAK PERKULIAHAN DARING TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA KELAS REGULER DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Aurelia Eka Yulianto, Angelica Ceicilia, Ina Wahyuni, Astra Winata, Ferri Malik Geyasra, Viktor Andrea Jaya, Yohan Hidusen Babu, Marsela Marsela, Maya Purnamasari, Dolla Rossa Berliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring di Universitas Esa Unggul Jakarta, dengan fokus pada mahasiswa kelas reguler. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui survei, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik snowball sampling, melibatkan 5-10 mahasiswa dari berbagai fakultas. Hasil penelitian menunjukkan potensi signifikan pembelajaran daring, namun juga mengidentifikasi tantangan seperti hambatan aksesibilitas dan kebutuhan perbaikan infrastruktur teknologi. Rekomendasi melibatkan upaya meningkatkan inklusivitas, partisipasi mahasiswa dalam pengembangan kurikulum, serta pelatihan dan dukungan bagi dosen. Evaluasi berkala dan integrasi teknologi terbaru menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran. Kesimpulannya, langkah-langkah strategis perlu diambil agar Universitas Esa Unggul Jakarta dapat memperkuat fondasi pembelajaran daringnya, memastikan mahasiswa mengakses pendidikan secara efektif, dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman.

Kata kunci : Perkuliahan daring, Evaluasi pengalaman, Universitas Esa Unggul


References


Alifis. (2020). Survei: Mayoritas Mahasiswa Menganggap Kuliah Online itu

Nyebelin. . Diakses dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/isaac_alie/5ecd45a8d541df182269a584/kuliah-online-tidak-sehat-dan-nyebelin

Artiyono. (2020). Survei Belajar #DiRumahAja: 70,59% Remaja Merasa Lelah. Diakses dari Kumparan: https://kumparan.com/kumparannews/surveibelajar-dirumahaja-70-59-remaja-merasa-lelah-1tAxm0fka3k

al, Nurhayati et. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Beni. (2016). “Efektivitas adalah hubungan antara output dan tujuan atau dapat juga dikatakan ukuran seberapa jauh tingkat output, kebijakan dan

prosedur dari organisasi”. 69.

Creswell, John W. (2018). "Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches". Singapore: Sage Publication.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.