PENGARUH SISTEM PENGAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KELAS KARYAWAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Muhamad Fatha Audizar, Aaron Dwi Putra, Rafli Cipta Mahesa, Farhan Farhan, Renanta Putri, Michael Rizqy Ananta, Nurul Adlah, Putri Itsnaini, Fitriah Maharani, Elsa Octora Fatimahtu Az Zahra

Abstract


Sistem pengajaran yang banyak diterapkan di Indonesia yaitu sistem pengajaran tatap muka namun dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat di dunia Pendidikan, sistem pembelajaran tatap muka mulai tergantikan menjadi tatap maya atau online. Universitas Esa Unggul Jakarta sudah menerapkan sistem pembelajaran online sejak tahun 2010 dengan media antara lain, yaitu: Siakad, E-learning, BMB Course, dan Zoom, suatu kemudahan akses bagi para mahasiswa kelas karyawan untuk mengikuti pembelajaran, dengan kebebasan ruang dan waktu mahasiswa dapat mengakses materi dengan jadwal yang fleksibel. Namun, dalam pelaksanaanya sistem pengajaran online untuk mahasiswa kelas karyawan di Universitas Esa Unggul dinilai masih kurang maksimal karena interaksi antara mahasiswa dan dosen kurang aktif. Oleh karena itu dibuatlah penelitian mengenai pengaruh sistem pengajaran online terhadap hasil belajar mahasiswa kelas karyawan di Universitas Esa Unggul Jakarta. Peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan cara melakukan pendekatan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner kemudian menganalisis hasil wawancara mahasiswa kelas karyawan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diajarkan oleh pendidik sangat berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Pengaruh, Pengajaran, Online, Hasil belajar


References


Soesatyo, B. (2021, 03 Mei). Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Indonesia . [Artikel Online]. Di akses dari https://www.mpr.go.id.

Suryadi, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Jurnal dari Academy Education, 4.

Mailizar (2020). Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh. Ningsih.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.