DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PELAJAR DAN GURU DI SMKS WIDYA PARAMA

Sepda Dwi Indrajid, Denny Maulana, William Albert, Nicholas Salpan, Asthya Ramadani Maulana, Heni Tia Ningsih, Ahmad Apriyadi, Meylinawati Goenawan, Tiara Ananda Putri, Ainur Farida

Abstract


Pendidikan merupakan faktor penentu kualitas sumber daya manusia dan kemajuan bangsa. Proses pendidikan memiliki potensi untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam evolusi waktu yang dinamis. Pengembangan kurikulum berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kebijakan pendidikan yang tepat akan terlihat melalui implementasi kurikulum karena kurikulum dianggap sebagai "jantung pendidikan" yang menentukan jalannya Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Kurikulum Merdeka terhadap pelajar dan guru di SMKS Widya Parama tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. hasil data yang telah dikumpulkan menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka ini membawa dampak yang baik bagi guru maupun pelajar namun guru-guru dan para pelajar tetap membutuhkan adaptasi karena kurikulum ini baru diterapkan belum terlalu lama. Penerapan Kurikulum Merdeka merupakan suatu hal baru di dunia Pendidikan yang beberapa kendala di atas, Melihat kendala tersebut, SMPK WIPAMA telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir dampak negatif dan meningkatkan efektivitas penerapan kurikulum belajar mandiri, antara lain: mendukung praktik belajar mandiri. Termasuk menyediakan media dan sumber belajar yang dibutuhkan siswa.

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi, IPAS


References


Aini, Tias. (2022, Desember 31). Permasalahan Kurikulum Pendidikan di

Indonesia yang Sering Berubah. https://www.kompasiana.com/tias83833/63b0174e08a8b569264409c2/permasalahan-kurikulum-pendidikan-di-indonesia-yangsering-berubah.

Amiruddin., Indra, Prasetia., Ali Sadikin., Tiarma, Sidabutar., Tumpak, Banurea., & Afriani, Nasution. (2023). Keterkaitan Pengembangan Kurikulum dengan Kurikulum Sekarang. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/download/13612/9061

Dini Kusumadianti Nur Alfaeni. (2022). Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Progam Sekolah Penggerak. http://repository.upi.edu/75969/2/S_PGSD_1800707_Chapter1.pdf

Eka. (2022, Agustus 01). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia:

Transformasi Menuju Pendidikan yang Lebih Berkualitas.

https://guruinovatif.id/artikel/sejarahperkembangan-kurikulum-di-indonesiatransformasi-menuju-pendidikan-yanglebihberkualitas?username=redaksiguruinovatif


Refbacks

  • There are currently no refbacks.