DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP PENURUNAN KUALITAS MAHASISWA DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Vitalia Adisti, Anni Rahmawati, Ariel Yoga Praditya, Agi Kurnia Sidik, Ahmad Faisal, Muhammad Noval Ramadhan, Raffa Lintar Sedayu, Yoga Erliyansyah, Darren Richie Setiawan, Muhammad Zakky Al Hafidz

Abstract


Dalam penelitian ini, para peneliti mengeksplorasi bagaimana dampak penggunaan kecerdasan buatan mempengaruhi kualitas mahasiswa dalam lingkungan pendidikan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menganalisis potensi ketergantungan pada teknologi kecerdasan buatan di pendidikan tinggi, menemukan cara untuk meminimalkannya, dan untuk membantu siswa memahami dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap penurunan kualitas pendidikan siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk memberikan wawasan tentang dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap penurunan kualitas siswa di lingkungan pendidikan. Hasil penelitian ini memungkinkan siswa untuk belajar tentang penggunaan teknologi kecerdasan buatan dengan sedikit eksperimen. Langkah selanjutnya adalah sekolah dapat mendorong siswa untuk mengurangi ketergantungan mereka pada kecerdasan buatan dan menjadi kurang bergantung pada teknologi canggih. Tiga mahasiswa dari fakultas yang berbeda berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dilakukan secara langsung pada tanggal 19 Desember 2023.

Kata kunci: Dampak, Artificial Intelligence, Penurunan


References


Digital Raff. (2024). Apa Itu Teknologi Digital Menurut Para Ahli?. Raff Digital Indonesia. https://raffdigitalindonesia.co.id/apa-itu-teknologi-digitalmenurut-para-ahli/

Hakim Lukman. (2022). Peranan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan. Kemdikbud. https://ppg.kemdikbud.go.i

d/news/peranan-kecerdasan-buatanartificial- intelligencedalam-pendidikan

Merdeka. (2022). Pengertian Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli.

Merdeka.com. https://www.merdeka.com/jabar/pengertianperkembangan-teknologimenurut-para-ahli-berikutcontoh-dan-manfaatnyakln.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.