TANTANGAN GENERASI Z DARI KEMAJUAN ZAMAN SERTA ASPEK MORAL DAN KARAKTER

Muhammad Bintang Arsa Putra, Dicky Hermawan, Muhammad Atalarik Putra P, Sukmawati Rohmatun, Tiara Mariska, Elsa Putri Margalita, Salbilah Bilahuna, Claudia Rideca Citra Dewi, Dinda Natasha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan apa saja tantangan bagi generasi Z yang tentunya dari segi Moral dan Karakter dari kemajuan zaman di era globalisasi dengan mengetahui apa aja tantangan tersebut, maka dari penelitian ini didapatkan beberapa jawaban terkait upaya apa saja yang dapat dilakukan oleh generasi muda untuk membentuk moral dan karakter mereka. Penelitian ini menggunakan ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode membagikan beberapa pertanyaan dalam bentuk quisioner yang telah disebarkan kepada para responden dengan memenuhi syarat-syarat tertentu. Hasil penelitian ditemukan beberapa faktor tantangan yang ditemukan dimana hal tersebut dapat menyebabkan dekadensi moral, diantaranya: Perubahan gaya hidup; pengaruh sosial media; kecenderungan mendapatkan sesuatu yang instan dan mudah. Sebagai solusi utama, pendidikan dianggap penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Generasi Z . Orang tua, pendidikan membantu membekali individu muda dengan nilai-nilai luhur yang mendukung mereka menghadapi perubahan zaman di era Society 5.0. Dengan demikian, upaya untuk memperkuat moral dan karakter Generasi Z menjadi investasi penting dalam membentuk masa depan yang kebih baik bagi para generasi muda penerus bangsa yaitu generasi Z.

Kata kunci: Tantangan kemajuan zaman, Generasi Z, Moral dan Karakter


References


Erlianti, Gustina. (2018). Pola Perilaku Pencarian Informasi Generasi Z Berperspektif Ellisian. AlMaktabah: Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan.

Alfikri, Adam Wildan. (2023). Peran Pendidikan Karakter Generasi Z dalam Menghadapi Tantangan di EraSociety 5.0.

Meinanto, Dwi., Putrawan, Bobby Kurnia., Simangunsong, Amran. (2022). Degradasi Moral Generasi Z: Tinjauan Etis Teologis terhadap Phubbing. Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Fitriyani, Pipit. (2018). Pendidikan Karakter bagi Generasi Z.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.