PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KEARIFAN LOKAL DI INDONESIA

Muhammad Ghozy Akbar, Bilal Bilal, Alviansyah Kunarditama, Fahra Fazira, Melkior Laha, Satria Dwi Saputra, Syifa Azzahra Natasya, Eunike Claudine Benedetta Tanamal

Abstract


Kearifan lokal merupakan bagian dari kebudayaan suatu masyarakat dan tidak dapat dipisahkan dari masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan dari generasi ke generasi melalui mulut ke mulut. Kearifan lokal sendiri merupakan warisan yang diwariskan secara turun-temurun dan dapat ditemukan tidak hanya dalam karya sastra tradisional (lisan dan tulisan) yang mencerminkan masyarakat, namun juga dalam berbagai bidang kehidupan nyata, seperti filsafat dan sikap terhadapnya. Kalian juga bisa melihat Kehidupan, Kesehatan, dan Arsitektur (Suyatno). Dalam dialektika hidup dan mati (yang hidup itu mati), kearifan lokal tidak terpelihara dan suatu saat bisa hilang. Kearifan lokal masyarakat Nashin mungkin menyerupai pusaka leluhur yang dimakan rayap dan membusuk secara turun temurun. Bahkan saat ini, tanda-tanda kearifan lokal mulai menghilang. Pengetahuan lokal seringkali terpinggirkan karena semakin pragmatisnya sikap masyarakat yang cenderung berpihak pada tekanan dan kebutuhan ekonomi saat ini.

Kata kunci: Teknologi, Kearifan lokal, Budaya, Masyarakat


References


Sugiyono (2020: 9). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Subtema

Air Bagi Peserta Didik Dengan Hambatan Pendengaran Kelas 4 Di Slbn Pahlawan Kabupaten Indramayu. (https://repository.upi.edu/86802/ )

Puntoadi.(2011). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas komunikasi.

(https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/issue/archive/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055 )


Refbacks

  • There are currently no refbacks.