MENINGKATKAN KESADARAN BELA NEGARA BAGI SEKOLAH DASAR

Arya Pandu Pangestu, Raihan Saputra, Adrian Andhika Hakim, Shadat Ardiansyah, Gielbert Geraldy Gafar, Dimas Angger Wijaya, Amir Rizky Arrobi, Ahmad Ariel Khayru Harisanto, Ashka Devon Marshal, Eka Yudistira Abdur Rohman, Johanes Leonardus Duta Febiyanto

Abstract


Tujun artikel ini adalah memberikan analisis teoritik bahwa salah satu bagian dari upaya bela negara yaitu kesadaran bela negara, yan g merupakan upaya untuk mempertahankan kelangsungan bangsa dan negara yang didasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. Nilai-nilai ini dapat diterapkan menjadi nilai dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Budaya sekolah terdiri dari nilai, norma, dan aturan y ang ada di lingkungan sekolah, yang membantu membentuk kesadaran bela negara. Karena budaya sekolah memiliki peran sebagai tata nilai dan membentuk perilaku siswa, budaya sekolah dapat berdampak pada perilaku siswa. Di sekolah, prinsip -prinsip Pancasila dan UUD 1945 dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. sehingga budaya sekolah dapat membangun tanggung jawab dan kewarganegaraan siswa. Perilaku siswa yang menunjukkan rasa nasionalisme, yang berarti mengikuti aturan, menjadi jujur, memiliki disiplin, dan bertoleransi dengan orang lain.

Kata Kunci: Menerapkan sikap kewarnegaraan yang baik di sekolah


References


Gunawan, D. Ni Wayan Suniasih.2022. Profil Pelajar Pancasila Dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Volum 10, Number 1,Tahun2022, pp.133-141, p-ISSN 2614-4727,eISSN26144735.Universitas Pendidikan Ganesha, singaraja, Indonesia.

Nana Sudjana, Penelitian dan Penilaian (Bandung: Sinar Baru 1989), hlm.84.

S. Nasution, Metode Research (Jakarta:Bumi Aksara, 1996),hlm.128.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung :Alfabeta,2012)

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian ( Jakarta: Raja Grafindo Press,

,hlm.18.

Widayanti, T. (2020). Pemanfaatan Google form dalam Mendukung Pengumpulan Data untuk Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada masyarakat, 85-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.