PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI BULLYING DI SMPN 220 JAKARTA BARAT

Intan Aprilia Rehy, Uzhma Farh Romadhona, Anissa Nur Andayaresmi, Amelia Saputri, Salwa Nabila Haqq, Vivi Oktavioni, Nadia Nur Anggraini, Callysta Putri Malika, Yehezkiel Willem Ananda, Nindhitha Amelia Puteri

Abstract


Tingginya insiden perilaku bullying di lingkungan sekolah merupakan perhatian serius karena dapat memberikan dampak negatif. Pendidikan karakter menjadi aspek krusial dalam membangun fondasi moral yang kuat dan meningkatkan kesadaran sosial di kalangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa itu bullying,apa itu pendidikan karakter dan bagaimana peran Pendidikan karakter dalam mengatasi bullying. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui pengertian bullying, pendidikan karakter dan bagaimana peran pendidikan karakter dalam mengatasi bullying. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, siswa/i tak jarang bahwa beberapa dari mereka melakukan tindakan bullying secara sadar maupun tidak sadar. siswa/i SMPN 220 JAKARTA BARAT setuju pendidikan karakter adalah bentuk upaya pencegahan bullying. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang pengertian bullying, pendidikan karakter serta peran pendidikan karakter sehingga menciptakan lingkungan sekolah yang positif.

Kata kunci: pendidikan, bullying


References


Yuyarti, Y. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Sudiarna, E. (2013). Hubungan Konformitas Kelompok dan Pola Asuh Otoriter Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Harapan I Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Rachma, A. W. (2022). Upaya pencegahan bullying di lingkup sekolah. Jurnal hukum dan Pembangunan Ekonomi, 10(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.