PARTISIPASI PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM SAMPAH DAUR ULANG DI SMAN 112 JAKARTA

Rifzan Fikra, Muhammad Firmansyah, Alfin Ardiansyah, Nabila Adzahrah Putri, Siti Khadijah, Hasna'Nur Halimah, Yohanes Adrian Dohona, Septia Ningsih, Mira Zulyana, Dian Mayanur Fitriani

Abstract


Pencemaran lingkungan utama yang disebabkan oleh manusia adalah pencemaran yang berasal dari sampah. Selain peran pemerintah, peran dunia pendidikan juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah guna menjaga kelestarian lingkungan. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana mekanisme pengelolaan sampah di SMAN 112 Jakarta dan bagaimana partisipasi peserta didik dalam pengelolaan sampah melalui program daur ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme pengelolaan sampah di SMAN 112 Jakarta dan mengetahui partisipasi peserta didik dalam mengelola sampah melalui program daur ulang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada pengamatan fenomena serta fokus pada proses dan pemaknaan hasilnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pengelolaan sampah di SMAN 112 Jakarta diimplementasikan melalui program daur ulang yang berada di sekolah, yaitu program BER4TI dan Adiwiyata, dimana peserta didik diminta untuk membawa sampah botol plastik dan dikumpulkan kepada pihak sekolah setiap hari Jumat. Para peserta didik juga selalu berpartisipasi dalam pengelolaan sampah melalui program-program daur ulang tersebut. Lingkungan internal SMAN 112 Jakarta juga terdapat tempat pemilahan sampah, sehingga memudahkan warga sekolah dalam membuang sampah berdasarkan jenisnya. Program daur ulang memberikan peluang bagi inovasi dan kreativitas peserta didik dalam mengubah sampah menjadi barang bernilai baru. Dengan demikian, daur ulang sampah tidak hanya mendukung upaya pelestarian lingkungan, tetapi juga menjadi media pembelajaran yang efektif untuk merangsang kreativitas peserta didik dalam solusi berkelanjutan.

Kata Kunci: peserta didik, program daur ulang, pengelolaan sampah


References


Deputi 5. (2023, August 5). 7,2 Juta Ton Sampah di Indonesia Belum Terkelola Dengan Baik. Kemenkopmk.Go.Id. https://www.kemenkopmk.go.id/72-juta-ton-sampah-diindonesia-belum-terkeloladengan-baik

Pusdatin. (2023, August 4). SAMPAH MASIH MENJADI KENDALA DI PERKOTAAN. Pu.Go.Id. https://pu.go.id/berita/sampah-masih-menjadi-kendala-diperkotaan

Fadhila, O., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Ilmu Pendidikan, F. (n.d.). LIMBAH DAUR ULANG DAPAT MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK.

Karim, A. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama (Vol. 12, Issue 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.