TOLERANSI DAN BELA NEGARA DI LINGKUNGAN PESANTREN : PERAN PESANTREN DALAM MEMBANGUN GENERASI EMAS INDONESIA

Rudi Rudi, Wizes Oktavianus Halim Gulo, Aji Pradityo, Selfiyana Selfiyana, Raehan Mubarok, Candra Irawan, Abi Hurairah, Vemas Izha Yanuar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan peran pesantren dalam membangun generasi millennial agar bisa menjadi generasi yang siap menjadi generasi emas 2045. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber artikel jurnal ilmiah, dokumen dan sumber lain yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang subjek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pesantren yang merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia menjadi salah satu harapan agar bisa melahirkan generasi yang berkarakter dan bermoral. Selanjutnya, agar pesantren bisa melahirkan generasi emas, ada 3 hal yang harus diberikan kepada santri selama di pesantren, yaitu: (1) Kemandirian sebagai bekal untuk kehidupan kelas setelah keluar dari pesantren sehingga bisa eksis berdiri di tengah masyarakat; (2) Mendidik generasi millennial agar menjadi pigur/teladan teladan dan pendidik agama bagi masyarakat yang membutuhkan; dan (3) Mengajarkan wawasan kebangsaan agar siap dalam pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara setelah keluar dari pesantren.

Kata kunci: generasi emas, pesantren, moralitas


References


https://www.kompasiana.com/sarah37425/65338bb8110fce0a077ddc33/peranpesantren-dalam-mewujudkan-generasiindonesia-emas-2045

https://www.researchgate.net/publication/362970794_PERAN_PESANTREN_DALAM_MEMBANGUN_MORALITAS_BANGSA_MENUJU_INDONESIA_EMAS_2045

Anwar, Rosihan. (2003). "Pesantren and Madrasa in Indonesia: An Analysis of Their Role in Education." Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.