PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA DALAM MEMBANGUN RASA CINTA TANAH AIR DI LINGKUNGAN KAMPUS

Nur Imro Atun Jannah, Naina Hairun Nisa, Jessicha Claudya Vallentin, Helen Maulani Fatah, Shavia Shavia, Mufidatul Fahimiyati Zein, Rafa Fadhilla Febriana, Alya Anariasta Wurara, Dela Afiqah, Maria Gracia Setyawati, Lia Wulandari

Abstract


Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dalam hati mahasiswa untuk mengabdi kepada tanah air seraya menjaganya dari segala ancaman dan gangguan. Oleh karena itu cinta tanah air dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai landasan untuk mengabdi kepada negara serta menjaganya dari segala ancaman dan gangguan yang terjadi di dalam lingkungan mahasiswa terutama kampus. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana cara mahasiswa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bagaimana urgensi mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul (PKU) terhadap peningkatan rasa cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mahasiswa dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air di lingkungan kampus dan mengetahui urgensi mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul (PKU) terhadap peningkatan rasa cinta tanah air. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dari data yang telah dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi memfokuskan terhadap mahasiswa dari berbagai jurusan. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola-pola dan makna yang muncul dari pengalaman dan pandangan mahasiswa terkait rasa cinta mereka terhadap tanah air. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan kampus berperan penting dalam membentuk dan memperkuat identitas nasionalisme mahasiswa, yaitu dengan terlibat dalam kegiatan sosial, budaya, dan juga kebangsaan untuk memahami sejarah serta nilai-nilai yang menjadi dasar keberagaman Indonesia.

Kata kunci: Cinta tanah air, mahasiswa, ancaman


References


Gafur, H. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasibook.

Hidayatullah, A. W. (2016). Penerapan Media Video Jejak Petualang Trans 7 dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas VIIG SMP Negeri 3 Lembang. repository.upi.edu.

Musbikin, I. (2021). Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab dan Cinta Tanah Air. Nusamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.