Pencegahan Bullying di SMA PGRI 1 Bekasi

Zefanya Alden Djepun Aipassa, Atha Rakha Aryaputra, Iman Abdurahman, Muhamad Anfar Nugraha, Rizal Ramadhani Wahyu Syahfrudin, Sabrina Khoirunnisa, Muhamad Ijlal Idris, Inayah Ariyati Rahmah, Keysha Pratiwi, Davina Dwanika Darlin

Abstract


Bullying merupakan perilaku pengecut yang dapat merugikan banyak pihak dan bila terulang dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Pembulian pada masa ini ada berbagai jenis baik itu pembulian secara fisik, verbal, non-verbal, dan cyberbullying. Parah nya kasus bullying tidak jarang di temukan di lingkungan sekolah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa saja jenis tindakan bullying serta bagaiman upaya pencegahan dan perlindungan yang dilakukan pihak sekolalah SMA PGRI 1 Bekasi. Pada pengumpulan data penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Bekasi dengan melakukan wawancara yang dilakukan oleh tigaorang murid dan guru BK (Bimbingan Konseling) SMA PGRI 1 Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis serta upaya pencegahan dan perlindungan tindakan bullying yang sudah diterapkan di lingkungan sekolah. Hasil dari penelitian ini memberikan pengetahuan bahwa jenis bullying ada yang berupa verbal, non-verbal, serta cyberbullying, serta pencegahan dan perlindungan yang diberikan SMA PGRI 1 Bekasi yaitu dengan menyediakan scan barcode untuk pelaporan tindakan bullying serta melakukan observasi kelas guna memberikan perlindungan untuk siswa/siswi.

Kata Kunci : Bullying, Sekolah, Pencegahan


References


Dwi Nurmadila, S., & Fadlilah MHum, A. (n.d.). The Rise of Bullying Among

Teenagers and Social Problems in The Kyou no Kira-kun Movie. https://ssrn.com/abstract=3306134

Lestari, S., & Mayasari, S. (n.d.). Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying Forms and Factors Causing Bullying Behavior.

Santy Laksmi Puri. (n.d.). 09.40.0080 Santy Laksmi Puri BAB III (1). Widya Ayu. (2020). Cegah Bullying Sejak Dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.