KETERTIBAN MASYARAKAT KAMPUNG PANCASILA DALAM MEMBUANG SAMPAH UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Sevilia Kaysa Rohmatin Umah, Nilam Agustin, Stelya Rofaniyah, Mellisa Gaviola, Aulia Putri Ramadhani, Intan Septya Rahma, Intan Septi Rizkiyani, Hana Ghaida Mumtazah, Afifah Aulia, Aulia Rahmawati

Abstract


Kebersihan lingkungan adalah keadaan suatu tempat yang baik tidak tercemar oleh kotoran, berpenampilan indah, dan tidak tercemar oleh berbagai penyakit. Permasalahan di Indonesia saat ini adalah sampah yang sering jadi perbincangan masyarakat indonesia. Artinya, masih banyak sampah yang berserakan di pinggir rumah warga, bahkan terjadi penumpukan sampah yang sering diabaikan dan masih banyak sampah seperti sampah makanan, sampah plastik, dedaunan yang berserakan di jalan dan di sudut rumah masyarakat. Dalam hal ini dapat dilihat dari suatu tindakan masyarakat dalam membuang sampah sembarangan, melalui observasi dapat dilihat pusat penumpukan sampah, yaitu selokan, jalanan, dan sudut rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah, bagaimana kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang ada di lingkungan masyarakat Kampung Pancasila dan bagaimana cara masyarakat mengatasi sampah yang ada di lingkungan kampung pancasila. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang ada di lingkungan masyarakat Kampung Pancasila dan untuk mengetahui cara masyarakat mengatasi sampah yang ada di lingkungan kampung pancasila. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian warga sudah pernah mendapatkan sosialisasi atau edukasi terkait dengan pengelolaan sampah yang baik dan benar serta sudah cukup paham bagaimana cara menangani permasalahan sampah yang terjadi di daerah Kampung Pancasila. Namun tak sedikit pula warga yang masih butuh segelintir informasi dan wawasan terkait permasalahan sampah ini. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan juga pemantauan secara langsung pada objek dengan menggunakan metode berbentuk kuesioner dan wawancara. Anjuran dan saran yang ditawarkan adalah diantaranya peningkatan kembali tentang edukasi penanganan sampah, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk pengelolaan sampah dan Melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembuangan sampah sembarangan. Dengan melakukan penertiban dalam penanganan sampah, lingkungan masyarakat akan sehat dan bersih dari sampah demi menjaga kelestarian bumi.

Kata Kunci : Lingkungan, kebersihan, sampah


References


Erlangga. “Kebersihan.” erlanggapedia.id, 2 October 2022, https://erlanggapedia.id/public/upload/bahan_ajar-artikel/1012-65.%20Kebersihan%281%29.pdf.

Nova Gradiska, Livia, et al. “Apa itu Sampah?” BINUS UNIVERSITY, Creativepreneurship, juli 2021, https://binus.ac.id/bandung/2021/07/apa-itu-sampah/.

Nanda, Salsabila. “Metode Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri,

Jenis & Contohnya.” Brain Academy, https://www.brainacademy.id/blog/penelitian-kuantitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.