IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL BARONGSAI (Studi pada Litang Khongchu Bio Pasar Lama Tangerang)

Ulfa Triana, Hanna Alfianti, Natasya Natasya, Afnenda Dinda Nabilla, Stevi Manuella Gresya Zendrato, Novita Rahmadani, Putri Mathasia, Felisia Anabel, Anditya Putri, Diva Titania

Abstract


Era globalisasi memberikan dampak negatif salah satunya ialah terkikisnya budaya lokal dan tergantikan dengan budaya asing. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana eksistensi perkumpulan Liong dan Barongsai "Kong Zi Miao" di era globalisasi, bagaimana langkah langkah yang ditempuh dalam rangka melestarikan budaya Barongsai, dan apa nilai filosofis budaya Barongsai. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui eksistensi perkumpulan Liong dan Barongsai "Kong Zi Miao" di era globalisasi, mengetahui langkah langkah yang ditempuh dalam rangka melestarikan budaya Barongsai, dan mengetahui nilai filosofis budaya Barongsai penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan survei dan wawancara lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah regenerasi yang tidak pernah putus dari pelatih, menanamkan nilai - nilai yang terkandung dalam kesenian Barongsai, dan mengajarkan cara mempertahankan kesenian barongsai dari masa ke masa. Untuk melestarikan budaya Barongsai pelatih terus mengajarkan kepada semua anak didik supaya mereka lebih mengenal budaya itu sendiri dengan cara mengikuti beberapa kejuaraan dan festival. Barongsai memiliki beberapa nilai filosofis yaitu keberanian dan kekuatan, keberuntungan dan kebahagiaan, pemurnian dan perlindungan, simbol persatuan dan kebersamaan, dan juga makna dari warna Barongsai yang berbeda beda.

Kata kunci : barongsai, budaya, globalisasi, filosofis


References


Cahyono, A., & Bisri, M. H. (2016). Tanda dan Makna Teks Pertunjukan Barongsai. Mudra Jurnal Seni Budaya, 31(1). (Budhiman, 2022)

Florentina Danis Christina, Nilai-Nilai Ritual dalam Pertunjukan Barongsai Naga Sakti, Makalah Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, 2015.

Bulan, I., Kusmayati, A. H., & Fitriasari, R. P. D. (2019). JURNAL SENI TARI.

Kabul, A. R. (2023). STRATEGI PEMERTAHANAN SENI TRADISI BARONGSAI PADA MASYARAKAT CINA BENTENG DI TENGERANG. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 11(2), 190-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.