BENTUK BELA NEGARA BAGI KAUM MUDA ZAMAN SEKARANG

Muhammad Zidane Arrafi, Bob Gian, Nur Adianzah, Bagas Dwi Darmawan, Revani Maria Supit, Siti Fadiyah, Khalisa Aishwanaya Zevana Achmad, Nasywa Khairunnisa, Chaerin Fionita, Luthfia Triandini

Abstract


Dalam meraih kemerdekaannya bangsa Indonesia, bangsa Indonesia melalui proses yang sangat teramat panjang. Dengan kemerdekaan yang sudah didapat, kita sebagai kaum muda harus mempertahankannya dengan memahami apa itu bela negara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pahamnya kaum muda zaman sekarang tentang bela negara. Dan dari penelitian ini kami dapatkan hasil yang telah kami hitung menggunakan skala likert, dimana 80% dari peserta yang ikut serta dalam pengisian kuisioner yang kami sediakan sudah paham dan tau mengenai apa itu bela negara, dan hal-hal apa saja yang mereka lakukan dalam keikutsertaan mereka melakukan bela negara.

Kata kunci: Bela negara, Pancasila, cinta tanah air, rela berkorban, generasi muda


References


Bahrun, dkk. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Universitas Islam Sultan Agung.

Irmawati. 2017. Bahan Ajar Rekam Medis dan Informasi Keshatan (RMIK): Praktik Kerja Lapangan I: Prosedur Pelayanan Rekam Medis Dasar, KKPMT I dan II. Indonesia: KEMENKES RI.

Lihawa, dkk. 2022. Implementasi NilaiNilai Bela Negara Dalam Kehidupan

Masyarakat. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.