BENTUK DAN USAHA BELA NEGARA DI LINGKUNGGAN KAMPUS

Bayu Almuhtadie Billah, Sultan Ayubi, Hafizh Kurniawan, Imam Ariq Saad, Dinda Atika Sari, Putri Sazwani, Euis Mitsumoto, Ronaldo Tri Rizki, Muhammad Dzaky Taufiqurrahman, Bintang Ramadia Esika

Abstract


Kesadaran Bela Negara Hakikatnya adalah Sedia Berbakti dan Berkorban untuk Negara”, hakikat bela negara dan bela negara tidak hanya sekadar militer. Bela negara merupakan sebuah sikap dan perilaku yang perlu dimiliki oleh setiap individu Untuk mempertahankan eksistensi negaranya. Tujua penelitian ini adalah; (1) Meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya peran mereka dalam bela negara melalui pendekatan Pendidikan dan sosialisasi.; (2) Meningkatkan dan memperkuat program Pendidikan bela negara yang mempersatukan ke dalam kurikulum, membahas nilai-nilai kebangsaan dan tanggung jawab sosial; dan (3) Mendorong dan memfalitasi keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan bela negara yang relavan dan bermanfaat. Penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk google form yang ditujuakn kepada narasumber, yaitu mahasiswa di linkungan kampuus ESA Unggul. Penggunaan kuesioner bertujuan untuk mengumpulkan data kuantitatif daripartisipan yang terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bela negara merupakan salah satu solusi yang sangat efektif dalam menciptakan lingkungan kampus anti bela negara. Para responden memberikan pandangan positif terhadap kegiatan bela negara tersebut sebagai sarana efektif dalam membentuk generasi muda yang menjadi pilar utama dan sangat penting dalam kemajuan serta kestabilan negara.

Kata kunci : Bela Negara. Kesatuan, Mahasiswa, dan Kampus


References


Manurung, R. T. (2019). Pendidikan bela negara sebagai satuan pembelajaran berkarakter dan humanistic. Jurnal Sosioteknologi, 11(27), 227-239

Mukti, T. A. (2018). Mendorong Penerapan Pendidikan Bela negara di Perguruan Tinggi. Perspektif hukum, 328-346

Rabl, T. (2019). The Impact of Situational Influences on Corruption in Organizations. Journal of Business Ethics, 100, 85–101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.