TINDAKAN CYBERBULLYING REMAJA DI MEDIA SOSIAL DAN PENANGGULANGAN MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER

Alya Rihadatul Aisyi, Amelia Ananta Pratiwi, Atika Mayviya, Mujahidah Mutiara Rabbani, Tanti Tanti, Serli Febrianti, Anisah Safitri, Aulia Rahma, Khailah Putri Maharani, Uswatun Chasanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan motivasi di balik tindakan cyberbullying remaja, mengetahui bagaimana cara meningkatkan kesadaran terhadap dampak negatif cyberbullying, serta mengetahui peran pendidikan karakter dalam menangani perilaku cyberbullying pada remaja. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang, yang dimana 25% diantaranya 5 orang pernah mengalami cyberbullying. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi terjadinya cyberbullying yang melibatkan faktor individu, lingkungan yang kurang baik, dan rasa perbedaan seperti status dan fisik dari seseorang yang dapat membuat seseorang berbeda pandangan. kesimpulannya bahwa cyberbullying merupakan permasalahan yang cukup signifikan dalam lingkungan remaja, terutama perempuan, mengalami cyberbullying yang berasal dari perbedaan fisik atau adanya kebencian dan dendam.

Kata Kunci: Cyberbullying, Pendidikan Karakter, Media Sosial


References


Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2).

Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, M. A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. KHIDMAT SOSIAL:

Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.