PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENCEGAHAN DAN PENGURANGAN KASUS BULLYING TERHADAP LINGKUNGAN

Ade Putri Ani Nadeak, Elma Illona, Mutiara Citra Pramono, Putri Sabrina Filzah, Desy Arhamar Mufarrizu, Anisah Rahmani Ashari, Hantika Swari Anasta, Noviana Rahayu, Keylin Sharon Amelia Otniel, Maria Bernadeta Bule

Abstract


Peran karakter dapat diuraikan sebagai sebuah ciri khas atau karakteristik unik yang bisa dibedakan oleh satu individu dengan individu lainnya. Ragam karakter pada setiap individu dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti metode asuhan orang tua dan lingkungan pertemanan. Bullying, merupakan salah satu tindakan tidak terpuji yang sangat merugikan korban, bahkan hingga mempengaruhi dan membuat kesehatan psikis nya rusak. Anak atau remaja yang melakukan bullying memiliki karakteristik seperti hiperaktif, agresif, mudah tersinggung, dan tidak tahan terhadap frustrasi. Selain itu, mereka cenderung mengalami kesulitan dalam memproses informasi sosial, sehingga mereka sering menganggap perilaku anak atau remaja lain sebagai perilaku bermusuhan, terlepas dari kenyataan bahwa sikap permusuhan itu ditujukan pada anak atau remaja lain.

Kata Kunci : Bullying, Karakteristik, Intoleransi.


References


American Psychiatric Association, Diagnostic and Statistical Manual of Mental isorders, Fourth Edition, Text Revision, (Arlington VA. 2000).

Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam bullying 3 cara efektif meredam K.P.A (Kekerasan Pada Anak). Jakarta:Grasindo.

Barbara Coloroso, Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU), Jakarta: PT. Ikrar Mandiriabadi. 2007).

Bullying: Pengertian, Bentuk, dan Dampaknya – Berita dan Informasi. (n.d.). https://umsu.ac.id/berita/bullying-bentuk-dan-dampaknya/.

Humas. (2017, September 11). Inilah Materi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Sekretariat Kabinet Republik

Indonesia. https://setkab.go.id/inilahmateri-perpres-no-87-tahun2017-tentang-penguatanpendidikan-karakter/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.