DAMPAK BULLYING DAN INTOLERANSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Ricco Lie, Abraham Calvindo, Ananta Zakarias, Irenius Nugroho, Akmal Firmansyah, Nicholas Widjaya, Fattah Satrio, Muhammad Nugraha, Johta Suntana, Leo Marhadi

Abstract


Bullying dan intoleransi yang merupakan bagian dari 3 Dosa Besar yang mencangkup di ranah pendidikan. Perilaku atau sikap seperti ini sangat tidak baik, apalagi dampak buruk dari  kasus  bullying  dan  intoleransi  ini  dapat  menurunkan  rasa  percaya  diri  maupun semangat dalam belajar di sekolah. Bahkan dapat menyebabkan tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh korban ataupun dapat menyebabkan konflik dan kebencian atas sebuah perbedaan  yang  ada.     Penelitian  ini  bertujuan  untuk  melakukan  survei  sekaligus memberikan pengarahan kepada para pelajar yang berada di lingkungan sekolah, supaya tidak terjadi lagi intoleransi dan bullying dengan harapan dapat membangun lingkungan pendidikan yang lebih nyaman untuk para pelajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. Hasil dari penelitian kasus 3 dosa besar ini khususnya untuk kasus intoleransi dan bullying di sekolah yang kami kunjungi, bahwa di sekolah tersebut terdapat kasus bullying dan sedikit terjadi kasus intoleransi bahkan jarang terjadi.


Kata kunci: Intoleransi; Bullying

References


Ehan. (2005). Bullying dalam

Pendidikan. Depok: L.P.S.P3.

Jakarta : Fakultas Psikologi

Universitas Indonesia.

Fithria., & Auli, R. (2016). Faktor- faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying. Idea Nursing Journal, Vol. 8 No. 3.

A. Handajani (2019).

KECENDERUNGAN

INTOLERANSI DAN PERAN PENDIDIKAN AGAMA DI SMA NEGERI YOGYAKARTA. Vol. 71 No. 2.

SA Visty. (2021). DAMPAK BULLYING TERHADAP PERILAKU REMAJA MASA KINI. Vol. 2 No. 1.

Mintasihardi, A. Kharis, & N. Aini. (2019). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja (Studi pada SMKN 5 Mataram.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.