UPAYA MAHASISWA ESA UNGGUL KEBON JERUK DALAM MENGATASI PENURUNAN MORAL DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Riqky Wahyu Atmaja, Syahrial Syarbaini, Muhammad Ramadhan Maulana, Marhalim Pasaribu, Arya Andika, Christian Morris Samuel, Jeriyansyah Putra, Fathan Syauqi Nirwana, Hanna Shyailah, Naifah Sukainah Mumtaz, Ghaitsa Najwa Ari

Abstract


Artikel ini adalah hasil penelitian lapangan mengenai “Upaya Mahasiswa Esa Unggul Kebun Jeruk Dalam Mengatasi Penurunan Moral Dengan Pendidikan Karakter” yang mana permasalahan ini sering kali terjadi dalam ranah lingkungan perkuliahan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor penurunan moral yang terjadi dan solusi yang digunakan dengan cara memberikan edukasi mengenai pendidikan karakter. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode analisis deskriptif dan analisis kualitatif. Cara yang digunakan ialah menyebarkan angket terkait penurunan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa Esa Unggul Kebun Jeruk mengalami penurunan moral yang mana lingkungan pertemanan memiliki pengaruh yang sangat tinggi sehingga mahasiswa harus mengetahui pendidikan karakter untuk mengubah pola pikir seseorang. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakter mahasiswa Esa Unggul Kebun Jeruk masih memiliki etika yang baik.

Kata kunci: Penurunan moral, pendidikan karakter, upaya, mahasiswa Esa Unggul Kebun Jeruk


References


Fikriansyah, Setiawati, R., Gita, M., & Dkk. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ulubelu Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu Tarbiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tangamus, 76.

Harun, C. Z. (2013). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Pendidikan Karakter, FKIP Universitas Syiah Kuala, 303.

Hasan, S. H. (2012). PENDIDIKAN SEJARAH UNTUK MEMPERKUAT PENDIDIKAN KARAKTER Paramita Historical Studies Journal, 84.

Janah, N. (2016). PENGAJIAN DAN DEKADENSI MORAL REMAJA. Kabilah, Jurnal STAI Nazhatut Thullab Sampang, 208.

Jannah, M. (2021). Upaya Masyarakat dalam Mengatasi Dekadensi Moral Remaja di Gampong Beunot, Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam / Pascasarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.