DEKADENSI MORAL DAN PERGAULAN BEBAS PADA GENERASI Z

Witri Zafaran, Elsa Yolanda, Alief Febrianto Aunugroho, Wildan Widyan Nurhadi, Kayla Nashwa Monia Sultan, Putri Maharani, Azzahra Putri Zulfikar, Rayyan Nabila, Diana Febriyanti, Angelica Amanda

Abstract


Dengan pesat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang informasi seperti media social, masalah baru muncul. Ketidakmampuan masyarakat, terutama Generasi Z, untuk mengikuti perkembangan ini menyebabkan perilaku, perbuatan, dan akhlak yang salah, termasuk bullying, pergaulan bebas, pencurian, tawuran, ketakutan social media, dan kematian akibat kekerasan. Ini adalah dekadensi moral yang banyak menyelimuti Generasi Z di Indonesia. Salah satu tren dalam diskusi pendidikan nasional adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter dan dekadensi moral dibahas sebagai alternatif. Hingga saat ini, pendidikan masih diyakini sebagai sarana yang sangat efektif untuk mengembangkan kecerdasan dan kepribadian anak menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan terus dibangun dan dikembangkan agar proses penyelenggaraannya menghasilkan generasi yang diharapkan.

Kata kunci : Generasi Z, bullying, pergaulan bebas


References


Association for Living Values Education International, 2020.

http://livingvalues.net/vision-mission-aims (diakses tanggal 19 November 2020)

Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia, 2018. Penetrasi dan profil perilaku pengguna internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-PerilakuPengguna-Internet-Indonesia-2018. (Diakses tanggal 19 November 2020).

Herlambang, Y T. 2018. Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam

Multiperspektif. Jakarta: Bumi Aksara

Iskarim, M. 2016. Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia islamika. Vol.1 (1). 1-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.