PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI PARTISIPASI MENGURANGI SAMPAH PLASTIK DI SMP NEGERI 245 JAKARTA

Haniifah Muslimah, Sesil Putri Maharani, Della Septi Kurniatin, Najwa Aninda Rahman, Fatikha Nasywa Mustofa, Nabilah Dwi Khoironisyah, Dwi Oi Fernanda Putri, Dinara Savina, Amanda Rahmadhan Aulia, Gita Annisa Nuraini

Abstract


Artikel ini membahas program Pelestarian Lingkungan Melalui Partisipasi Mengurangi Sampah Plastik Di SMPN 245 Jakarta. Pengolahan sampah merupakan isu nasional yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Sampah plastik yang ada di mana-mana akhir-akhir ini memiliki pengaruh signifikan terhadap ekosistem. Pencemaran tersebut diakibatkan oleh manusia. Sampah terbanyak adalah berasal dari pemukiman. Tujuan Program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang upaya untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah SMP Negeri 245 Jakarta. Hasil dari meningkatkan pengetahuan siswa tentang bahaya plastik adalah bahwa mereka lebih peduli dan lebih aktif menangani sampah. Hasil dari program kami adalah bahwa kami dapat melihat latar belakang masalah yang terjadi. banyaknya sampah plastik yang berserakan dan anak sekolah menengah adalah kelompok yang memiliki risiko membuang sampah sembarangan.. Saran untuk meningkatkan kesadaran siswa Sekolah Menengah pertama melalui ceramah dan sosialisasi tentang cara mengurangi sampah plastik dan menghindari plastik yang memiliki efek buruk pada siswa.

Kata kunci : Sampah, Plastik, Pengelolaan Sampah


References


Kasni, K. (2023). Upaya Pengurangan Sampah Plastik Melalui Pengelolaan dan Budaya Peduli Lingkungan Sekolah di SMP

Negeri 2 Muntok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(5), 314-324.

Suhardjo,&Dewi,N.C.(2019). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang

Pengelolaan Sampah dan Perilaku Bertanggung Jawab Siswa di SMAN 34 Jakarta. Jurnal Parameter Vol 31 No.1, 59-69.

Isa, R., & Isa, I. (2023). Mengurangi Sampah Plastik dan Mendorong

Pertumbuhan Ekonomi di Desa Tapada Kecamatan Botumoito. Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 9-16.

Semarang, D. L. (2023). Solusi Asyik, Kurangi Sampah Plastik. Diambil dari: https://dlh.semarangkota.go.id/solusiasyik-kurangi-sampah-plastik/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.